Sudahkah Anda Melihat DPTHP-2 di Kantor Desa dan Kelurahan?

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Sudahkah Anda Melihat DPTHP-2 di Kantor Desa dan Kelurahan?

Syah Putra
Thursday, January 3, 2019


Ketua KPU Langkat Agus Arifin bersama ketua PPK Secanggang Untung Prayitno dan anggota Kusmiono, mengecek DPTHP-2 di kantor Desa Jaring Halus

Langkat-Metrolangkatbinjai.com

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Langkat, menghimbau warga untuk mengecek Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan ke 2 (DPTHP-2) yang sudah ditempel di kantor desa dan kantor kelurahan setempat. Bagi warga yang belum terdaftar namanya dalam DPTHP-2, silahkan mendaftar ke PPS, PPK atau KPU Langkat untuk dimasukkan ke Daftar Pemilih Khusus (DPK).

Demikian disampaikan Ketua KPU Kabupaten Langkat Agus Arifin, Rabu (2/1) di ruang kerjanya.

"DPTHP-2 itu sejak Desember 2018 sudah terpasang di 277 desa dan kelurahan se-Kabupaten Langkat, bila masih ada warga yang sudah memenuhi syarat tapi belum terdaftar, silahkan mendaftar ke penyelenggara untuk dimasukkan namanya di DPK dengan membawa e- KTP, dan dia hanya bisa memberikan hak suaranya di TPS dimana ia berdomisili," papar Agus.

Lebih lanjut dijelaskan Agus Arifin, jumlah DPTHP-2 Kabupaten Langkat sebanyak 766.131 pemilih, jumlah itu sudah tetap untuk Pemilu di bulan April nanti. Bagi pemilih yang ingin pindah tempat memilih harus mengurus surat pindah memilih (form A5) di Panitia Pemungutan Suara (PPS) paling lambat 30 hari sebelum pemungutan suara 17 April 2019.

Untuk pemilih yang sudah terdaftar di DPTHP-2 nanti akan mendapatkan form C6 untuk datang ke TPS dan TPS akan dibuka pada pukul 07.00 - 13.00 Wib. sedangkan pemilih yang terdaftar di DPK itu diberikan waktu untuk memberikan hak suaranya satu jam sebelum TPS ditutup.

Dalam kesempatan itu, Agus juga mengingatkan bahwa pemilu tahun ini beda dengan tahun sebelumnya, dimana pemilu 2019 ini pilpres dan pileg dilakukan secara serentak, hal ini tentunya memerlukan pengetahuan yang baik tentang pemilu. (lim)