Berat 350 Kg, Dinas Kesehatan Kalteng Putar Otak Untuk Keluarkan Wanita Ini Dari Dalam Rumahnya

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Berat 350 Kg, Dinas Kesehatan Kalteng Putar Otak Untuk Keluarkan Wanita Ini Dari Dalam Rumahnya

Syah Putra
Tuesday, January 8, 2019

Titi Wati (Foto Net) 

Metrolangkatbinjai.com

Obesitas adalah kondisi kronis akibat penumpukan lemak dalam tubuh yang sangat tinggi.

Kondisi tersebut dalam waktu lama menambah berat badan hingga mengalami obesitas.

Penumpukan lemak tubuh ini meningkatkan risiko gangguan kesehatan serius, seperti penyakit jantung, diabetes, atau hipertensi.

Seperti yang terjadi di Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Untuk mengeluarkan wanita dengan berat 350 Kg dari dalam rumahnya, pihak Dinas Kesehatan Kalimantan Tengah terpaksa putar otak.

dilansir dari Detiknews.com, Dinas Kesehatan Pemprov Kalimantan Tengah (Kalteng) harus putar otak untuk mengevakuasi Titi Wati. Sebab, dengan berat badan sekitar 350 Kg, Titi tidak bisa dikeluarkan dari rumahnya di Palangkaraya.

"Untuk evakuasi ke Rumah Sakit, harus membongkar pintu atau lewat jendela. Itu kalau diizinkan keluarga," ujar Kepal Dinas Pemprov Kalimantan Tengah (Kalteng), dr Suyuti Syamsul, saat berbincang dengan detikcom, Selasa (8/1).

Kesimpulan itu diambil setelah tim Dinas Kesehatan melakukan survei ke rumah Titi pada Senin (7/1) kemarin. Dari survei awal itu, petugas kaget dengan kondisi badan Titi yang sudah sangat lebar.

"Tiga tahun lalu, ia keluar pintu saja harus memiringkan badan. Kalau sekarang, perkiraan saya mungkin lebar badannya bisa 1 meteran," ujar Suyuti.

Untuk memastikan proses evakuasi, saat ini Dinas Kesehatan akan rapat maraton menyelamatkan Titi. Teknis dan prosedur akan dibahas detail agar kesehatan Titi bisa tertolong.

"Hari ini pukul 09.00 WIB saya mengundang beberapa unsur terkait membahas langkah-langkah yang akan diambil terkait wanita tersebut," pungkasnya. (Red/Detiknews)