Bawaslu Undang KPU Untuk Pencermatan LPSDK

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Bawaslu Undang KPU Untuk Pencermatan LPSDK

Syah Putra
Saturday, January 5, 2019


Langkat-Metrolangkatbinjai.com

Bawaslu Kabupaten Langkat Sumatera Utara, mengundang KPU Kabupaten Langkat untuk melakukan pencermatan bersama, terhadap Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK), Sabtu (5/1) di Kantor Bawaslu jalan Jendral Sudirman, Stabat. kabupaten Langkat.

Ketua Bawaslu Kabupaten Langkat Husni Laili mengatakan, pencermatan LPSDK itu penting untuk mengetahui sampai sejauh mana pelaporan sumbangan dana kampanye dari Partai Politik.

"Kami sebagai pengawas pemilu ingin mengetahui kejujuran partai politik dalam melaporkan dana kampanye yang mereka peroleh, kepatuhan terkait pelaporan sumbangan dana kampanye dari peserta pemilu dan juga asal dana tersebut," kata Husni Laili, sembari menjelaskan terkait dengan pengawasan dana kampanye ini, Bawaslu Langkat mengacu kepada Peraturan Bawaslu RI Nomor 29 Tahun 2018 tentang Pengawasan Dana Kampanye Pemilihan Umum.

Sementara itu, divisi Hukum KPU Kabupaten Langkat Sopian Sitepu mengatakan, LPSDK sudah selesai, namun ada beberapa parpol yang tidak melengkapi LPSDK calegnya.

Dijelaskan kembali oleh Sopian Sitepu, sumber dana kampanye itu bisa dari partai politik, caleg dari parpol bersangkutan dan sumbangan yang sah menurut hukum.

"Sumbangan maksimal dana kampanye untuk perorangan maksimal 2,5 milyar dan untuk kelompok atau badan usaha itu maksimal 25 miliar," kata Sopian.

Hadir dalam pencermatan LPSDK ketua Bawaslu Langkat Husni Laili, komisioner Bawaslu Langkat Riono Hardiman dan Juliadi sementara dari KPU Langkat hadir Ketua KPU Langkat Agus Arifin dan Anggota Sopian Sitepu. (lim)