Tim Rescue BPBD Tingkatkan Kapasitas dan Kualitas Personel




Binjai-Metrolangkatbinjai.com

Tim Rescue Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Binjai, terus meningkatkan kapasitas dan kualitas Personel. Kegiatan latihan teknik vertical rescue dilaksanakan di Wall Climbing FPTI Binjai, yang berada di Lapangan merdeka, tepatnya di depan kantor Walikota Binjai.

Diketahui, Vertical Rescue adalah suatu teknik evakuasi (memindahkan ke lokasi yang lebih aman) objek (baik barang maupun manusia/korban) dari titik rendah ke titik yang lebih tinggi atau sebaliknya, pada medan yang curam/vertical, baik kering maupun basah.

Kegiatan dilakukan selama 2 hari (Mulai tanggal 4-5 Desember 2018) dimana dalam kegiatan itu team Rescue dari BPBD Kota Binjai, mendapatkan materi dan pelatihan khusus dari Skygers Indonesia dan Komunitas Panjat Tebing yang didatangkan dari Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Binjai, Ahmad Yani SSTP MAP, beserta Kasi dan Danton PB, ikut hadir menyaksikan kegiatan pelatihan tersebut.

Kalaksa juga menambahkan dan berpesan kepada personil jika pelatihan tali temali memang sangat diperlukan dalam pertolongan khususnya seperti Vertical Rescue.

“Prinsip pengenalan simpul tali-temali dapat kita gunakan dalam berbagai kebutuhan, dan dalam keadaan melakukan berbagai pertolongan yang membutuhkan ikatan. Ikatan yang tepat dapat membantu korban bencana maupun musibah kecelakaan, bukan memperparah keadaan korban," ucap Ahmad Yani.

Pelatihan Vertical Rescue tersebut selain bertujuan untuk memberi pengetahuan, ketrampilan bagaimana prosedur, keamanan dan teknik ketinggian.

Kegiatan tersebut akan menciptakan kualitas personil, SDM yang Unggul, tangguh dan berkualitas baik secara fisik dan mental akan bedampak positif Team Work dilapangan saat bertugas. (Put)


Show EmoticonHide Emoticon