Tidak Kuorum, Rapat Paripurna DPRD Langkat Ditunda

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Tidak Kuorum, Rapat Paripurna DPRD Langkat Ditunda

Syah Putra
Wednesday, December 26, 2018



Langkat-Metrolangkatbinjai.com

Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Langkat dengan agenda  Pengesahan dan Persetujuan tujuh  Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kabupaten Langkat yang seharusnya digelar pada Rabu (26/12) akhirnya di tunda.

Dari pantauan awak media di ruang sidang paripurna DPRD Langkat, hari ini sekira Pukul 15.10 Wib, dimulai dengan pengantar Sekretaris DPRD Langkat, Basrah Pardamoan, yang membacakan tata tertib dan jumlah kehadiran anggota DPRD Langkat.

Selanjutnya, Ketua DPRD Langkat, Suria Alam, membuka sidang paripurna DPRD Langkat tersebut.

Namun, sekira Pukul 15.20 Wib, Ketua DPRD Langkat men-skor paripurna selama 15 menit di karenakan jumlah kehadiran anggota DPRD Langkat tidak mencapai Kuorum, dimana sesuai dengan peraturan sidang Paripurna harus dihadiri 2/3 dari jumlah anggota Dewan.

Selanjutnya, sekira Pukul 15.47 Wib, atau setelah masa skor sidang Paripurna mencukupi 15 menit, jumlah anggota DPRD Langkat tidak memenuhi Kuorum, sebagaimana tidak juga mencukupi Kuorum, sehingga Ketua DPRD Langkat menutup rapat untuk dilaksanakan pada waktu yang akan ditentukan kemudian.

Berdasarkan hitungan jumlah fisik anggota DPRD Langkat yang hadir di ruang sidang Paripurna tadi, diketahui dari 50 orang jumlah anggota DPRD Langkat yang ada, hadir didalam ruang Paripurna sebanyak  27 Anggota Dewan, termasuk Ketua DPRD Langkat dan satu orang wakil Ketua DPRD Langkat.

Hadir dalam rapat tersebut, Bupati Kabupaten Langkat Ngogesa Sitepu, Dandim 0203/Lkt Letkol Inf Samsul Alam, Kapolres Langkat diwakili Kabagops Kompol Arifin Marpaung, Ketua Pengadilan Negeri Langkat diwakili Staf, Sekdakab Langkat dr Indra Salahudin dan undangan lainnya.

Ketua DPRD Langkat Suria Alam, saat dikonfirmasi awak media usai menghantar kepergian Bupati Langkat dari Gedung DPRD Langkat, membenarkan rapat Paripurna dengan Agenda pengesahan tujuh Ranperda Langkat di tunda karena tidak Kuorum.

“Masalahnya memang tidak Kuorum, yang hadir hanya 32 orang. 2 orang lagi berarti Kuorum," tutur Suria Alam.

Lanjut Ketua DPRD Langkat, untuk 3/4 kuoromnya, ditunda nanti di Bamus-kan (Badan Musyawarah) DPRD Langkat kembali.

“Paripurna terkait pengesahan Perda ada tujuh Perda inisiatif dan eksekutif, salahsatunya Perda tempat tempat Pelarangan merokok, pemilihan Kepala Desa,  Gagal karena tidak Kuorum,” pungkas Ketua DPRD Langkat tersebut.

Diketahui, Kuorum yaitu jumlah minimum anggota yang dipersyaratkan harus hadir dalam rapat organisasi, jumlahnya dinyatakan dalam anggaran dasar atau peraturan organisasi untuk menetapkan keputusan, apabila jumlah yang dipersyaratkan tidak terpenuhi, putusan tidak dapat diambil sehingga harus dilakukan dalam rapat. (Red)