Ratusan Bal Pakaian Bekas Asal Malaysia Diamankan Di Besitang

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Ratusan Bal Pakaian Bekas Asal Malaysia Diamankan Di Besitang

Syah Putra
Thursday, December 13, 2018


7 Pelaku yang diamankan

Besitang-Metrolangkatbinjai.com

Tim gabungan TNI, Polri dan Pol Air Polres Langkat, Kamis (13/12), berhasil mengamankan satu unit Boat Tongkang bermuatan ratusan bal pakaian bekas (monza) asal Malaysia, saat melakukan aksi bongkar muat di tangkahan (dermaga) Simatupang Km 110-111, Dusun II Bukit Harapan Desa Bukit Selamat, Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat.

Selain mengamankan pakaian bekas (monza), petugas juga mengamankan 7 orang penghuni kapal, diantaranya Zahar (62) tekong kapal, dan 6 ABK (Anak Buah Kapal) lainnnya bernama Arun Arasyit Batubara (36), M Tohir (36), Dedek Margolang (25), Samsul Manurung (40), dan Dani Damanik (35), semuanya warga Tanjung Balai.

Kasad Pol Air Polres Langkat Iptu Dony Gunawan, didampingi Kapolsek Besitang AKP Adi Alfian, saat di konfirmasi wartawan terkait penangkapan ini mengatakan, diamankannya Monza tersebut berkat adanya informasi masuknya Kapal ke Wilayah Besitang.

"Berawal dari informasi bahwa ada kapal dari luar masuk kewilayah kita, saat dicari kita temukan kapal tersebut di perairan wilayah hukum Polsek Besitang," ucap Kasad Pol Air menjelaskan, sembari mengatakan belum tau berapa jumlahnya karena belum di hitung.


Pakaian bekas yang diamankan

Sementara itu, Zahar selaku tekong Boat (Nakhoda) kapal saat di konfirmasi di halaman Polsek Besitang seakan menghindar dari pertanyaan wartawan.

"Saya masih pening kali bang," ucapnya singkat sembari terus berlalu.

Namun menurut informasi yang diterima MLB.com dari salah seorang ABK Boat (Arun), Boat KM Sepakat dengan nomor lambung GT:31:2805:PP bermuatan pakaian bekas (monza) berangkat dari Port Klang Malaysia pada hari Senin (10/12/18) dengan tujuan perairan Langkat, dimana para ABK di beri upah sebesar Rp 1,5 juta/orang

"Kami berangkat dari pelabuhan Port Klang Malaysia dengan tujuan Langkat, kami gak tau lokasinya kemana karena kami hanya pekerja dengan bayaran Rp 1,5 juta/orang," ucapnya menjelaskan jika dirinya sudah 3 hari berada di tengah laut.

Keterangan dari salah seorang supir warga Halaban, Kecamatan Besitang, yang namanya enggan disebutkan mengatakan, bahwa tiga truck sarat muatan monza telah lebih dahulu lolos sebelum mereka ditangkap. 

Saat ini, para ABK Boat masih menjalani pemeriksaan di Polsek Besitang, dan barang bukti berupa ratusan bal pakaian monza yang dibungkus menggunakan goni bewarna orange sudah diamankan di halaman Polsek besitang, berikut dua truck Colt Diesel bernomor polisi BL 8112 JG dan BL 9054 C bermuatan pakaian monza. (Bud)