PKSM dan Pramuka Bagikan 3.500 Batang Pohon Kepada Pengguna Jalan

Iklan Semua Halaman

Header Menu

PKSM dan Pramuka Bagikan 3.500 Batang Pohon Kepada Pengguna Jalan

Syah Putra
Saturday, December 15, 2018




Langkat-Metrolangkatbinjai.com

Dalam rangka peringatan Hari Menanam Nasional dan Bulan Menanam Nasional tahun 2018, sejumlah pelajar yang tergabung di gerakan Pramuka dari SMA/SMK Yapim Taruna Stabat, dan juga Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM) menggelar aksi membagikan pohon kepada masyarakat dan pengguna jalan yang melintas di jalinsum. Sabtu (15/12)

Aksi yang digelar di bundaran simpang tiga atau simpang kantor Bupati Langkat, ini mendapat respon positif dari masyarakat dan juga pengguna jalan. Para pengguna jalan dan masyarakat meminta bibit pohon yang disediakan seperti, durian, sirsak, petai, mahoni dan jambu biji.





Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat Kabupaten Langkat, Imran Ismail mengatakan, aksi bagi 3.500 batang bibit pohon gratis ini merupakan upaya dari para kader konservasi dan PKSM serta Pramuka untuk  mengimplementasikan gerakan menanam pohon dan memantik kesadaran masyarakat untuk turut serta melastarikan alam.

"Alhamdulillah dengan aksi bagi-bagi pohon gratis ini mendapat respon positif dari masyarakat, sehingga tergerak hati mereka untuk turut serta melestarikan lingkungan yang dimulai dari menanam di halaman rumah mereka sendiri, saya juga berterima kasih kepada Yapim Taruna yang banyak mensuport acara ini" kata Imran.

Lebih lanjut dikatakan Imran yang juga Kader Konservasi Alam  memberikan apresiasi kepada pelajar dan Pramuka atas kepeduliannya terhadap kelestarian lingkungan, karena pelestarian alam ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja melainkan peran serta masyarakat juga sangat diharapkan. "Melestarikan alam juga menjadi tanggung jawab kita semua, karena kita hidup di bumi yang satu, dan bumi yang satu ini untuk semua makhluk untuk itu mari kita jaga agar bumi tetap lestari," katanya.

Salah seorang anggota Pramuka Riska Rohima (15) mengaku bangga mendapat amanah membagikan pohon dalam rangka hari menanam pohon nasional. Dari kegiatan ini dia mengaku banyak mendapatkan pelajaran dalam waktu singkat. Awalnya saya berpikir membagikan pohon adalah hal yang mudah, tapi ternyata banyak juga rintangan yang saya hadapi, dari mulai pengendara yang acuh terhadap kami yang menawarkan bibit pohon.

"Banyak juga pengendara yang acuh dengan tawaran bibit pohon dari saya, dari sinilah saya belajar sabar menghadapi berbagai sifat manusia. Yang pasti saya bangga jadi pramuka," katanya.

Sementara itu terlihat para pelajar dan Pramuka dalam aksi itu berpanas di simpang tiga tepatnya di lampu merah sambil membawa polybek berisi tanaman bibit pohon dan menawarkannya kepada pengguna jalan yang melintas dan juga masyarakat yang mau menanam.(lim)