Pemkab Asahan Musnahkan 33.515 KTP

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Pemkab Asahan Musnahkan 33.515 KTP

Syah Putra
Thursday, December 20, 2018


Pemkab Asahan musnahkan puluhan ribu KTP
Asahan-Metrolangkatbinjai.com


Pemerintah Kabupaten Asahan, melalui Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) melakukan pemusnahan sebanyak 33.515 lembar Kartu Tanda Penduduk (KTP) rusak atau invalid. Pemusnahan dilakukan dengan cara membakar, Rabu (19/12) bertempat di Halaman Kantor Disdukcapil setempat.

Bupati Asahan Drs H Taufan Gama Simatupang MAP, dalam kesempatan tersebut diwakili Wabup H.Surya Bsc, menyampaikan bahwa pemusnahan KTP elektronik, sesuai dengan surat Menteri Dalam Negeri :470.13/1176/SJ tanggal 13 Desember  2018 tentang penatausahaan KTP el rusak atau invalid.

"Juga sesuai dengan arahan Bupati Asahan," sebut H. Surya Bsc.

Lanjutnya, Pemusnahan KTP sudah kita lakukan sejak Senin (17/12) sampai dengan saat ini, dan setiap melakukan pemusnahan KTP di Kecamatan, didampingi oleh tim yang bertugas mengawasi. Tim tersebut diketuai oleh Kepala Bagian Pemerintahan beserta OPD yang terkait dengan pemusnahan KTP el langsung diketuai oleh Plt Assisten 1 Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs Jhon Hardi M.si

”Dengan adanya pemusnahan KTP el ini, diharapkan pada pelaksanaan pesta demokrasi nanti semuanya dapat berjalan dengan baik dan lancar serta dalam suasana yang kondusif," harap Wabup.

Ditempat yang sama, Kepala Dins Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Asahan Drs H.Supriyanto MM mengatakan, kegiatan pemusnahan KTP el rusak atau invalid  sesuai dengan surat Menteri Dalam Negeri dan arahan Bupati Asahan.

Supriyanto menjelaskan, ada sebanyak 33.515 lembar KTP el yang dimusnahkan dengan cara dibakar. Pada hari Senin 17 Desember 2018 pihak telah memusnahkan sebanyak 23.123 KTP el dengan rincian KTP Invalid sebanyak 3.760 lembar, KTP model SIAK sebanyak 16.836 lembar dan KTP lama berwarna kuning sebanyak 2.527 lembar.

Sedangkan pada hari Rabu 19 Desember 2018, ada sebanyak 10.392 lembar KTP dimusnahkan dengan rincian KTP el invalid sebanyak 5.629 lembar, KTP el blanko rusak sebanyak 27 lembar, KTP model SIAK sebanyak 24.623 lembar dan KTP lama berwarna kuning sebanyak 3.236 lembar.

"Jadi apabila digabung, ada sebanyak 33.515 lembar Kartu Tanda Penduduk yang telah dimusnahkan dengan cara dibakar," terang Supriyanto.

Pemusnahan puluhan ribu KTP tersebut dilakukan penandatanganan berita acara secara bersama-sama yang dilakukan oleh Wakil Bupati Asahan, Waka Polres Asahan, Asisten II Perekonomian dan Pembangunan, Ketua KPU Kabupaten Asahan, Kepala Dinas Kependudukkan dan Catatan Sipil, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Perwakilian Dandim 0208 AS dan Bawaslu Kabupaten Asahan. (Dep)