Pelatihan Penguatan Peran Wanita Terhadap Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan




Binjai-Metrolangkatbinjai.com

Keluarga yang terjaga akan menegakkan Indonesia yang bermartabat, keluarga menjadi tempat pertama lahirnya peradaban Indonesia yang maju dan berkeadaban. Keluarga yang berkualitas adalah keluarga yang sejahtera, sehat, maju, mandiri, berwawasan ke depan, bertanggung jawab, harmonis dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas tidak terlepas dari peran hebat seorang perempuan. Perempuan itu hebat ibarat sekolah, jika kalian mendidiknya dengan baik, berarti kalian sedang mempersiapkan sebuah bangsa dengan baik," hal tersebut diutarakan Ketua TP PKK Kota Binjai, Hj Lisa Andriani M Idaham, saat menghadiri pelatihan penguatan peran wanita terhadap peningkatan kualitas hidup perempuan, di Pendopo Umar Baki, Jalan Veteran, Kecamatan Binjai Kota, Rabu (5/12).

Lisa menjelaskan, bahwa peran perempuan dalam keluarga secara garis besar dibagi menjadi tiga peranan, pertama peran perempuan sebagai pendamping suami, yakni sebagai teman hidup, pendorong, dan penasehat yang bijaksana. Kedua peran perempuan sebagai ibu, peranan ini dalam mendidik anak-anaknya dibagi menjadi tiga tugas penting.

Ibu sebagai pemenuh kebutuhan anak, ibu sebagai teladan atau model peniruan anak, dan ini sebagai pemberi stimulasi perkembangan anak. Ketiga peran perempuan dalam masyarakat. Perempuan perlu bersosialisasi dalam rangka mengembangkan kemampuannya.

"Mari bangun keluarga berkualitas, jangan menunggu hari esok, sekarang adalah waktu terbaik untuk menjadi keluarga yang terbaik. Menunda esok berarti kita menunda menjadi keluarga terbaik," pesan Lisa.

Walikota Binjai, HM Idaham, diwakilkan oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan, Mustika Hadrah, menegaskan bahwa kegiatan ini memiliki peran yang penting dalam hal kesejahteraan masyarakat, kelangsungan daerah sangat ditentukan oleh masyarakat itu sendiri.

"Dalam meningkatkan pembangunan, pemberdayaan perempuan memiliki peran yang sangat penting, melalui peningkatan pendidikan, sosialisasi, yang berkontribusi dalam peningkatan perempuan, maka saya berharap agar kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan, baik di bidang politik, pendidikan, kesehatan, yang pada akhirnya meningkatkan peran perempuan. Kita berharap potensi perempuan dapat diberdayakan," harap Walikota.

Pelatihan penguatan peran wanita terhadap peningkatan kualitas hidup perempuan, diikuti sebanyak 400 peserta yang terdiri dari perwakilan organisasi dan wanita. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Masyarakat (P3AM) Kota Binjai.

Adapun narasumber pada pelatihan tersebut yakni Wakil Ketua I TP PKK Kota Binjai, Hj Nani Susilawati Timbas, mengambil tema penguatan kualitas peran perempuan terhadap ketahanan keluarga di Kota Binjai, dan salah satu dosen di universitas swasta di Kota Medan, Suryani Hardjo, dengan tema, peran perempuan terhadap peningkatan kualitas hidup keluarga, menjadi perempuan hebat setiap saat. (Put)
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments