Pelajar SMP Se-Binjai Dapat Pelatihan Dan Pembekalan Penelitian Dari Dinas Pendidikan




Binjai-Metrolangkatbinjai.com

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Binjai, menggelar kegiatan pelatihan dan pembekalan penelitian bagi siswa/siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri dan Swasta Se-Kota Binjai, kemarin, di Aula Dinas Pendidikan.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari itu, juga sekaligus pencanangan pembentukan Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) di masing-masing Sekolah SMP/MTs Negeri dan Swasta dalam menghadapi event Olimpiade Penelitian Siswa Nasional (OPSI) di tahun 2019 mendatang.

“Kegiatan ini diharapkan tidak hanya Seremonial untuk mempersiapkan Olimpiade Penelitian Siswa Nasional (OPSI) Tahun 2019, namun diminta dukungan kepada Kepala Sekolah untuk terus dilanjutkan secara berkesinambungan dengan membentuk Wadah Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) bagi siswa,” ujar Bachtiar Gultasno, S.Pd, M.Pd, Kasi Pembinaan SMP Disdik Binjai.

Sambung Bachtiar, pelatihan dan pembinaan seperti ini sangat bermanfaat sebagai tempat untuk meningkatkan karakter kreatif bagi siswa-siswi melalui penelitian ilmiah.

“Siswa-siswi harus diberi pelatihan serta pembinaan seperti ini, karena ini dapat menumbuhkembangkan Inovasi bagi siswa-siswi dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada. Selain itu, Kegiatan Ilmiah Remaja diberikan kepada mereka juga dapat memunculkan ide atau gagasan bagi si siswa,” ucap Eno, sapaan akrab Kasi Pembinaan SMP dalam kegiatan tersebut.

Dikatakannya lagi, dengan terbentuknya KIR di masing-masing Sekolah dapat meningkatkan Budaya Baca bagi Siswa, karena menjadi seorang peneliti kuncinya adalah rajin membaca dan berdiskusi.

"Siswa yang tergabung dalam Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) nantinya dapat bersinergi dengan Program Kampung Literasi yang telah dicanangkan Pemko Binjai baru-baru ini," ucap Bachtiar Gultasno dalam penutupan kegiatan Pelatihan dan Pembekalan Penelitian Siswa SMP itu.

Sebelumnya, para siswa-siswi SMP Negeri dan Swasta Se-Kota Binjai yang ikut kegiatan selama tiga hari tersebut mendapat pelatihan dan pembekalan penelitian dari Edi Salim Chaniago, S.Pd, M.Pd, Glora Arihta Bagung, S.Pd, M.Si dan Sofyanto, S.Pd, M.Pd yang diundang sebagai narasumber oleh pihak Disdik Kota Binjai. (Put)


Show EmoticonHide Emoticon