Mengenang Peristiwa Bersejarah Menghadapi Agresi Militer Belanda II Tahun 1948

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Mengenang Peristiwa Bersejarah Menghadapi Agresi Militer Belanda II Tahun 1948

Syah Putra
Thursday, December 20, 2018



Metrolangkatbinjai.com

Mengenang Agresi Militer Belanda, Danrem 022/Pantai Timur Kolonel Inf R. Wahyu Sugiarto, S.I.P., M.Han. ikut serta berjalan kaki mengiringi Peleton Beranting (Tonting) Yudha Wastu Pramuka Jaya, pada etape terakhir  Lapangan Sisingamangaraja Kecamatan Balige Kabupaten Toba Samosir, Rabu (19/12).

Untuk itu, guna mengenang peristiwa bersejarah menghadapi Agresi Militer Belanda II tahun 1948,  jajaran Kodam VI/Mulawarman kembali menggelar Gerak Jalan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya. Dengan langkah tegap nan perkasa, Pasukan Tonting Yudha Wastu Pramuka Jaya memasuki lapangan upacara dengan senjata di pundak kanan dan membawa sebuah Kelapa muda, merupakan ciri khas pasukan TNI Tempo dulu.

Setelah terbelahnya  Kelapa muda diiringi dentuman senjata, selesai sudah kegiatan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya yang berjalan kaki selama satu hari satu malam.

Pada Upacara tersebut Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam) I/Bukit Barisan, Brigjen TNI Hassanudin, SIP bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) peringatan Hari Infanteri ke-73 Tahun 2018 yang dilaksanakan di Lapangan Sisingamangaraja yang diikuti ratusan prajurit TNI dari Korps Infanteri dipimpin oleh Komandan Upacara (Danup) Letkol Inf Rooy Candra Sihombing, yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Yonif 123/Rajawali.

Rangkaian kegiatan dilaksanakan dengan pembacaan sejarah singkat Infanteri yang dipadukan dengan penampilan tentara tradisional TNI AD pejuang tempo dulu ketika perang hutan geiliya berjuang menumpas penjajah bersama Panglima Besar Jenderal Sudirman serta pernyataan penyerahan simbol Peleton Yudha Wastu Pramuka Jaya yang terakhir.

Di kesempatan yang sama, Kasdam I/Bukit Barisan, Brigjen TNI Hassanudin, SIP membacakan secara tertulis amanat Danpussenif Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso yang menyampaikan, selaku Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri dan pribadi mengucapkan Selamat Hari Infanteri Tahun 2018 kepada segenap Prajurit Korps Infanteri beserta keluarga di manapun saat ini berada dan bertugas, disertai ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus atas pengabdian, keberhasilan serta prestasi yang telah dicapai prajurit dan satuan Korps Infanteri hingga saat ini dalam mengharumkan nama baik Korps Infanteri dan mendukung tugas pokok TNI Angkatan Darat.

Ditambahkannya, dari peristiwa 19 Desember 1948 itu, kita mendapatkan nilai-nilai ketokohan, patriotisme, kepemimpinan dari seorang Panglima Besar Jenderal Sudirman, yakni nilai kejuangan, profesionalisme keprajuritan dan sifat pantang menyerah serta nilai kemanunggalan TNI dengan Rakyat yang harus selalu terpatri dalam jiwa, sikap dan tindakan setiap prajurit infanteri. Dan untuk mengabadikan nilai-nilai tersebut, maka TNI AD menetapkan hari tersebut sebagai “Hari Infanteri”.

Tema yang diangkat pada Peringatan Hari Infanteri Tahun 2018 adalah “Dengan Semangat Yudha Wastu Pramuka, Prajurit Infanteri Mangabdi dan Membangun Bersama Rakyat”.

Diakhir amanatnya, Kasdam I/BB membacakan amanat Danpussenif Kodiklad yang menyampaikan upacapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para sesepuh Infanteri, Pangkotama, pejabat TNI-Polri, pemerintah daerah, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, organisasi masyarakat dan media massa serta seluruh lapisan masyarakat yang turut serta dalam membangun dan membesarkan nama Korps Infanteri dengan memberikan kepercayaan kepada prajurit infanteri untuk tetap dan terus melaksanakan pengabdian kepada Ibu Pertiwi dalam mengawal dan mengamankan kedaulatan NKRI.

“Hubungan harmonis yang telah terjalin selama ini dapat terus ditingkatkan dan dikembangkan di masa yang akan datang, untuk bersama membangun dan menjaga negeri yang kita cintai bersama. Kontribusi terbaik yang diberikan, merupakan wujud kesetiaan dan Dharma bhakti kita kepada TNI AD yang kita banggakan bersama,” ucap Kasdam I/BB.

Usai acara dilanjutkan dengan penyerahan piala kepada para pemenang lomba Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya wilayah Kodam I/BB yang dilakukan langsung Kasdam I/BB Brigjen TNI Hassanudin, SIP.

Juara Tonting YWPJ 2018 Wilayah Kodam I/BB, -Juara I Yonif 131/BRS nilai 97.
Juara II Yonif 123/RW nilai 961.
Juara III Yonif 122/TS nilai 932.

Juara Peleton Pengantar dari TNI:
Juara I Yonkav 6/NK.
Juara II Yon Arhanud 11/WBY.
Juara III Yon Arhanud 13/PBY.
Juara Peleton Pengantar Non TNI:
Juara I Pramuka Tobasa. Juara II Polres Tapteng.
Juara III Satpol PP Humbahas.

Acara turut dihadiri Danrem 022/PT, Danrem 023/KS, Kabaklat Rindam/BB, Danbrigif 7/RR, para Staf Ahli Pangdam1/BB, para Dandim jajaran Korem 023/KS, Bupati dan Wakil Bupati Tobasa, Forkopimda Tobasa, Ketua Persit KCK Koorcabrem 023 PD I/BB dan pengurus. (Put)