Menang Di ISTA, Wisata Tangkahan Akan Menjadi Destinasi Kelas Dunia


Sekdakab Langkat dr H Indra Salahudin MKes MM dan Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kab Langkat Hj Nur Elly H Rambe MM bersama Menteri Pariwisata RI Dr Arief Yahya (tengah).

Jakarta-Metrolangkat.com

Dipenghujung jabatanya, Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu SH, masih terus bersemangat membangun Langkat di berbagai bidang, dengan harapan negri bertuah ini dapat lebih maju, makmur dan sejahtera.

Semangat itu, terlihat kembalinya Pemerintah Kabupaten Langkat menerima  prestasi tingkat nasional bidang pariwisata, setelah Ekowisata Tangkahan Kabupaten Langkat berhasil menjadi pemenang di Kategori D Pelestarian Lingkungan Hijau - Emas di ajang Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) 2018.

Bupati Langkat melalui Sekdakab Langkat dr H Indra Salahudin MKes MM menerima penghargaan tersebut, yang diberikan secara langsung oleh Menteri Pariwisata RI Dr Arief Yahya, setelah diumumkanya 17 pemenang ISTA 2018, di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (30/11) malam.

dr H Indra yang didampingi Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kab Langkat Hj Nur Elly H Rambe MM, pada sela-sela berlangsungnya event tersebut, mengucapkan ribuan terimakasih atas prestasi yang dipercayakan kepada Pemkab Langkat oleh Kementrian Pariwisata RI. 

Berkat prestasi ini, rencananya wisata Tangkahan Langkat, akan dijadikan destinasi wisata berkelanjutan kelas dunia.

“Allahamdulilah Langkat bisa mendapat prestasi yang luar biasa ini, semua anugrah ini berkat Bupati Langkat yang tidak pernah mengenal lelah memberikan arahan dan bimbingan serta dukungan, sehingga Langkat melalui Dinas Pariwisata, dapat membuat Tangkahan menjadi pemenang diajang bergengsi ini,”sebutnya dengan bangga dan terharu.


Selanjutnya, dr Indra juga berterimakasih kepada seluruh pegawai Dinas Pariwisata dan pengelola wisata Tangkahan atas kerja kerasnya, serta kepada seluruh pihak yang ikut membantu. Karena berkat kerjasama dan gotong royong, prestasi ini dapat diraih.

“Saya yakin seluruh masyarakat Langkat pasti senang dan bangga atas prestasi ini, semoga dengan prestasi ini, dapat mendongkrak prekonomian masyarakat Langkat, melalui bidang pariwisata. Karena memang prestasi ini dipersembahakan untuk kemakmuran dan kemajuan masyarakat Langkat,”sebutnya.

Sembari berharap prestasi ini tidak membuat merasa puas, namun menjadi pemicu untuk lebih maju dan bersemangat lagi, sampaiwisata Tangkahan benar-benar menjadi wisata kelas dunia. 

Serta berharap kepada seluruh komponen masyarakat baik swasta dan tenaga professional dan lainnya, ikut membantu Pemkab Langkat untuk mencapainya.

Menteri Pariwisata RI Dr. Arief Yahya pada sambutannya, menerangkan, tujuan  ajang Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) ini, untuk mengajak publik, swasta, dan masyarakat untuk meningkatkan environmental sustainability.

“Sebab, event ini merupakan ajang pemberian penghargaan kepada destinasi-destinasi di Indonesia yang sudah berproses dan menunjukkan adanya hasil dari penerapan prinsip-prinsip pariwisata berkelanjutan,”katanya.

Selain itu, menurutnya, ISTA juga bukan hanya ajang untuk memberikan penghargaan, tetapi juga mengukur implementasi pariwisata berkelanjutan, terutama dalam pengelolaan destinasi wisata di Indonesia.  

Hal tersebut berdasarkan Peraturan Menteri Pariwisata (Permen) Nomor 14/2016 tentang Pedoman Destinasi Pariwisata Berkelanjutan.

“Permen ini mengadopsi standar internasional Global Sustainable Tourism Council (GSTC) yang mempertimbangkan tiga aspek utama, yaitu aspek lingkungan, sosial, dan ekonomi untuk saat ini dan masa depan,”paparnya.(yan)

Teks: Sekdakab Langkat dr H Indra Salahudin MKes MM dan Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kab Langkat Hj Nur Elly H Rambe MM bersama Menteri Pariwisata RI Dr Arief Yahya (tengah).
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments