Koramil 01/Binjai Bersama Polri, Muspika Dan Masyarakat Budidayakan Ikan Jurung

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Koramil 01/Binjai Bersama Polri, Muspika Dan Masyarakat Budidayakan Ikan Jurung

Syah Putra
Tuesday, December 18, 2018



Binjai-Metrolangkatbinjai.com

Ikan jurung dan trubuk merupakan ikan yang saat ini keberadaannya terancam punah. Populasinya yang tinggal sedikit di alam mendesak untuk disikapi secara cepat sebelum segalanya terlambat. Mulai dari teknis penangkapan sampai pembudidayaannya.

Kali ini Koramil 01/Binjai Kodim 0203/Langkat yang bekerja sama dengan Polsek Binjai Barat, Sekcam Kecamatan Binjai Barat, Lurah, Kepling Sekelurahan Limau Mungkur serta Masyarakat setempat, melaksanakan kegiatan pembudidayaan Ikan Jurung dengan penaburan Benih Ikan Jurung ke Lubuk Larangan Sungai Bingai Kota Binjai sebanyak 12.000 ekor, di sungai jalan Gatot Subroto Lingkungan l Kelurahan Limau Mungkur Kecamatan Binjai Barat, Selasa (18/12).

Danramil 01/Binjai diwakili Serma Boni mengungkapkan, Ikan Jurung yang mengancam keberadaan ikan tersebut di antaranya kualitas lingkungan yang tidak lagi mendukung.

"Misalnya ikan jurung hanya akan berkembang biak dengan baik di air mengalir deras dan jernih, sekarang ini cukup sulit, kecuali di beberapa tempat saja," katanya.

Di Tapanuli Selatan, kata dia, misalnya, ada kelompok masyarakat yang mengatur penangkapan ikan jurung berdasarkan peraturan adat, yakni lubuk larangan. Dengan peraturan tersebut, penangkapan hanya bisa dilakukan di waktu-waktu tertentu. Begitu juga dengan alat tangkap yang diperbolehkan juga tidak sembarangan.

"Tidak boleh menggunakan obat-obatan ataupun bahan lain yang bisa mengganggu lingkungannya," katanya.

Selain ikan jurung, di Labuhan Batu, juga penting untuk dicermati. Pasalnya, ikan tersebut saat ini sudah mulai langka. Apalagi, ikaaaannnn tersebut yang dikonsumsi bukan dagingnya melainkan telurnya saja. Dengan begitu, dapat mengancam perkembangbiakan ikan tersebut.

"Dagingnya sendiri tidak dikonsumsi, tapi telurnya," katanya.

Pada pendampingan tersebut, Serma Boni juga menjelaskan, sebagai upaya pelestarian mencegah kepunahannya, pada tahun 2000, pihaknya pernah menabur benih ikan jurung ke Danau Toba, tepatnya di Silalahi, Dairi, sebanyak 2.000 ekor. Dari benih tersebut, diharapkan dapat berkembang biak dengan baik dan cepat. Ungkapnya. (Put)