Ironis, Alat Pendeteksi Gempa Bumi, Erupsi Dan Tsunami Tidak Berfungsi

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Ironis, Alat Pendeteksi Gempa Bumi, Erupsi Dan Tsunami Tidak Berfungsi

Syah Putra
Wednesday, December 26, 2018


Alat pendeteksi Tsunami (Foto Net) 

Metrolangkatbinjai.com

Ironis, meski dilewati dengan gugusan gunung berapi yang masuk dalam cincin api dunia, namun alat pendeteksi gempa bumi, erupsi dan tsunami tidak berfungsi.

Seharusnya, hal hal yang menyangkut pelayanan dan keselamatan umum haruslah optimal.

Dilansir dari RMOL.Co, Kalangan legislator mengaku ironis bila alat deteksi gempa bumi, erupsi dan tsunami yang ada selama ini tak berfungsi.

Anggota Komisi V DPR, Anton Sihombing misalnya. Ia mengaku sedih jika alat pendeteksi dimiliki saat ini tak berfungsi. Sebab, Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dan dilewati dengan gugusan gunung berapi yang masuk dalam cincin api dunia sudah pasti banyak terjadi erupsi dan gempa bumi bahkan tsunami.

“Kita malu, karena negara lain tahu bahwa kita negara yang rawan gempa dan berpotensi menimbulkan tsunami. Masa alat deteksi dini tidak berfungsi,” ungkap Anton kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (26/12).

Anton menilai hal-hal yang menyangkut pelayanan dan keselamatan umum harus optimal. Karena, sambung Anton, sesuai dengan amanat Pembukaan UUD 45 bahwa pemerintah harus mampu untuk melindungi segenap bangsa Indonesia. Bentuk perlindungan itu salah satunya memberikan peringatan dini kepada rakyat saat terjadi bencana.

“Ya ini menyangkut pelayanan umum jadi harus dioptimalkan lah. Nanti di Komisi V ini akan menjadi pembahasan khusus,” demikian Anton. (Red/RMOL)