Hinca Panjaitan, Tokoh Nasional Asal Asahan Kebanggan Sumut




Metrolangkatbinjai.com

Keberadaan seorang tokoh diyakini dapat memberikan inspirasi pada suatu masyarakat. Kemampuan sosok tersebut menebar jala optimisme, ibarat oase di tengah gurun pasir, yakni menjawab kehausan akan teladan.

Kata-kata tersebut sepertinya menggambarkan suasana hati masyarakat Sumatera Utara (Sumut) hari ini. Di tengah krisis keteladanan yang menghinggapi Provinsi keempat terbesar di tanah air itu, muncul harapan pada seorang sosok, yakni Hinca Panjaitan XIII.

Pada Rabu (5/12/2018) kemarin, kelompok masyarakat di dua Kabupaten/Kota daerah ini menyatakan kebanggaannya pada Sekjen DPP Partai Demokrat tersebut. Masing-masing ialah Kota Pematangsiantar (Siantar) dan Kabupaten Simalungun. Kesuksesannya di pentas politik nasional dinilai penting untuk membangkitkan marwah Sumatera Utara.

Di Kecamatan Siantar Timur, Kota Siantar, puluhan ibu-ibu antusias menyatakan dukungannya kepada Hinca. "Aku kenal sama Hinca dari dia masih muda, saat dia jadi presenter TV. Kalau tak salah pernah jadi penyiar di TVRI. Bicaranya yang lugas buat aku yakin pasti ini orang Sumut, dan memang betul," ungkap Hj. Nurlaili Lubis.

Ibu rumah tangga ini mengaku cukup mengikuti perkembangan Hinca di televisi. Ia pun mendukung penuh majunya Hinca menjadi Caleg DPR RI daerah pemilihan Sumut III. "Dia simbol kesuksesan orang Sumut di Jakarta saat ini, khususnya dalam politik. Tidak ada keraguan lagi, kami sepakat memenangkan Hinca," lanjutnya.

Sementara itu, di Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, para tokoh serta masyarakat berkumpul di kediaman Badriah Sitorus, seorang tokoh masyarakat setempat. Dari perbincangan yang dilakukan, banyak masyarakat yang antusias ingin mengetahui Hinca lebih dalam.

Mereka tertarik dengan cerita pengalaman dan karir Hinca hingga sukses menjadi orang nomor dua dalam salah satu partai besar di Indonesia itu. "Saya sudah lama kenal saat beliau masih kuliah di Nommensen. Sekarang dia sudah jadi Sekjen Pak SBY, sebelumnya pernah jadi Ketua PSSI. Tentu tidak mudah mencapai karir seperti itu. Ini aset berharga orang Sumut," ujar Badriah.

Masyarakat di dua tempat tersebut nampak menaruh kebanggaan yang cukup besar atas pencapaian Hinca Panjaitan. Mereka pun yakin jejak Hinca menjadi contoh anak-anak muda, hingga akan muncul banyak Hinca-Hinca baru dari berbagai daerah di Sumatera Utara. (Put)


Show EmoticonHide Emoticon