DPR RI Usulkan Pendidikan Tanggap Bencana Masuk Dalam Mata Pelajaran

Iklan Semua Halaman

Header Menu

DPR RI Usulkan Pendidikan Tanggap Bencana Masuk Dalam Mata Pelajaran

Syah Putra
Thursday, December 27, 2018


Nasir Djamil (Foto Net) 

Metrolangkatbinjai.com

Akibat kerapnya dilanda bencana alam berupa gempa maupun tsunami, timbul wacana Pendidikan tanggap bencana masuk dalam salah satu mata pelajaran.

Hal itu disampaikan anggota Komisi Hukum dan HAM DPR RI, Nasir Djamil. Menurutnya, wacana pendidikan tanggap bencana masuk dalam salah satu mata pelajaran di sekolah-sekolah hingga perguruan tinggi sangat baik untuk masyarakat dalam kesiapsiagaan bencana.

Dilansir dari RMOL.Co, Posisi Indonesia yang dilewati tiga jalur lempeng tektonik tidak boleh dipandang remeh. Sebab, bencana bisa datang secara tiba-tiba.

Untuk itu, anggota Komisi Hukum dan HAM DPR RI, Nasir Djamil mengusulkan wacana pendidikan tanggap bencana masuk dalam salah satu mata pelajaran di sekolah-sekolah hingga perguruan tinggi.

"Kesiapsiagaan bencana dengan menambahkan pendidikan sadar bencana di semua jenjang pendidikan. Mulai dari PAUD hingga SMA. Bila perlu seluruh universitas di Indonesia membuka program pendidikan (prodi) tentang bencana," kata Nasir dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (26/12).

Politisi PKS ini menyayangkan jika Indonesia yang setiap saat bisa berpotensi bencana hanya mengedepankan langkah insidental.

"Saat ini sangat ironis. Indonesia di posisi ring of fire yang setiap saat terjadi bencana kita tidak siap menghadapinya. Tak ada langkah nyata, hanya insidental dan seremonial," tandasnya. (Red/RMOL)