Anggota DPRD Langkat Sosialisasi Perda Tahun 2018

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Anggota DPRD Langkat Sosialisasi Perda Tahun 2018

Syah Putra
Saturday, December 29, 2018


Kegiatan Sosialisasi Perda 2018

Tanjungpura-metrolangkatbinjai.com

Tiga orang Anggota DPRD Kabupaten Langkat, menggelar sosialisasi Peraturan Daerah Kabupaten Langkat tahun 2018 (Perda inisiatif DPRD Kabupaten Langkat) yakni Perda Nomor 15 Tahun 2013 tentang pencegahan dan penanggulangan terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika, Psikotropika dan zat adiktif, Perda nomor 1 tahun 2014 tentang penyelenggaraan Pendidikan, Jum'at (28/12).

Kegiatan tersebut bertempat di Aula Kantor Camat Tanjung Pura, dan dihadiri sekitar 75 orang Peserta yang terdiri dari Guru pendidik, siswa-siswi SLTA, KNPI Kecamatan Tanjung Pura, BKPRMI Kecamatan Tanjung Pura dan Staff Pegawai Kecamatan Tanjung Pura.

Adapun ketiga Anggota DPRD Kabupaten Langkat yang menjadi narasumber dalam acara sosialisasi perda 2018 (Perda inisiatif DPRD Kabupaten Langkat) yaitu Makhruf Ritonga, Syahrul S,sos dan Nurul Azhar Lubis SH.

Bagi para Peserta yang hadir,  mereka diberikan buku materi tentang Peraturan Daerah Kabupaten Langkat No 15 tahun 2013 tentang pencegahan dan penanggulangan terhadap penyalah gunaan dan peredaran gelap narkotika, psikotropika dan zat adiktif, serta Peraturan Daerah Kabupaten Langkat Nomor 1 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan.

Pada kesempatan itu, Syahrul S.sos, menjelaskan bahwa Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif lainnya, di satu sisi merupakan obat atau bahan yang bermanfaat di bidang pengobatan atau pelayanan kesehatan dan pengembangan ilmu pengetahuan, namun di sisi lain dapat pula menimbulkan ketergantungan yang sangat merugikan apabila di salah gunakan.

Di Bab VII Forum Koordinasi Pasal 31 yang di bacakan oleh Syahrul S.sos, Ayat (1) dalam rangka pencegahan dan penanggulangan terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika, psikotropika dan zat adiktif di daerah dibentuk forum koordinasi, ayat (2) Forum Koordinasi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) terdiri dari kantor Sosial (Dinas sosial), Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Kepolisian, Badan Narkotika Nasional, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri, Komite Nasional Kepemudaan, Forum Kerukunan Antar Umat Beragama, Lembaga Swadaya Masarakat dan Perguruan Tinggi, ayat (3) pembentukan forum Koordinasi dapat di susun secara berjenjang mulai dari forum koordinasi tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa.

"Sedangkan untuk ayat (4) adalah pembentukan forum koordinasi dan susunan keanggotaan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) di
tetapkan dengan keputusan Bupati," ucap Syahrul.

Pada materi yang kedua, yaitu Peraturan Daerah Kabupaten Langkat Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Penyelenggara Pendidikan di sampaikan oleh Narasumber lainnya, yaitu Nurul Azhar Lubis SH. Dalam penyampaiannya, Nurul menjelaskan tentang kegiatan belajar mengajar, bagian keempat kegiatan belajar mengajar, Pasal 46 ayat (1) pada saat jam kegiatan belajar mengajar, peserta didik wajib berada dalam lingkungan satuan pendidikan, ayat (2)dikecualikan dari ketentuan ayat (1), peserta didik dapat meninggalkan lingkungan satuan pendidikan, dengan memperoleh izin secara tertulis dari Kepala Kesatuan Pendidikan atau Petugas lain yang diberikan wewenang untuk itu.

"Pada ayat (3) untuk menjamin terlaksananya ketentuan ayat (1) dan ayat (2), Pemerintah Daerah melalui lntansi yang berwenang dalam bidang penegakan hukum, melakukan razia, baik bersifat rutin maupun berdasarkan kebutuhan," Beber Nurul Azhar Lubis SH.

Usai menggelar kegiatan tersebut, Nurul juga berharap peran serta seluruh lapisan masyarakat untuk membantu Penegak hukum, baik menjadi mata dan telinga untuk peduli dalam melakukan pemberantasan Narkoba.

kegiatan tersebut, sambung Nurul, sudah di lakukan di 23 Kecamatan di Kabupaten Langkat, baik di tingkat Desa, Kelurahan dan Kecamatan telah di sampaikan, bahkan di setiap unsur lapisan masyarakat, baik Kepala Desa, Lurah dan guru-guru.

"Bahkan kepada para Siswa. Tujuannya agar mereka mengerti bahayanya narkoba tersebut," demikian kata Nurul. (Put 1)