Tumbuh Kembangkan Budaya Kearifan Lokal, Disdik Asahan Gelar Festival Tari Gubang




Para Siswa SD ikut Festival Tari Gubang
Asahan-Metrolangkatbinjai.com

Dalam rangka menumbuhkembangkan dan memelihara semangat mencintai budaya serta kearifan lokal bagi generasi muda, Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan lewat program tahunannya melaksanakan kegiatan Festival Tari Gubang tahun 2018 ,untuk siswa pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD).

Festival tahun ini, diikuti 39 group tari dari berbagai sekolah yang tersebar di 25 kecamatan, yang dilaksanakan dari tanggal 21 s/d 23 November 2018, bertempat di Aula Dinas pendidikan Asahan.

Penjelasan tersebut, diutarakan Ketua Panitia Khairani. Dirinya mengatakan bahwa kegiatan festival tahunan tersebut, tertuang dalam DPA Dinas Pendidikan Asahan lewat APBD 2018.

Khairani yang menjabat sebagai Kasi Cagar Budaya itu menambahkan bahwa pada kegiatan Festival Tari Gubang tahun ini, pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan mengambil tema "Melalui pelestarian budaya Asahan kita perkenalkan Asahan pada Dunia".

Masih menurutnya, adapun tujuan dari pernyelenggaran kegiatan festival adalah untuk  memelihara dan menumbuh kembangkan semangat mencintai budaya lokal Asahan bagi generasi muda. Selain itu, guna meningkatkan kreatifitas siswa dalam seni tari gubang dalam rangka, penguatan budaya.

“Mari Kita tumbuhkan rasa kebersamaan dan persaudaraan kita sesama pelajar, dalam acara kegiatan ini sebagai peserta lomba yang mengikuti tari gubang Asahan. Bagi para peserta lomba yang berprestasi nantinya akan menerima tropi, piagam dan uang pembinaan," ujar Khairani, Kamis (22/11).

Sementara itu, Kadis Pendidikan Asahan Asmunan. SPd, yang diwakili Kabid Kebudayaan Syamsuddin SPd MSi, dalam sambutannya mengatakan, bahwa tari Gubang adalah merupakan kearifan budaya lokal Kabupaten Asahan dan sudah tercatat sebagai budaya Nasional.

“Harapan kami kegiatan festival Tari Gubang dapat dilaksanakan secara berkesinambungan dan berkelanjutan di masing-masing sekolah. Hal ini nantinya agar gerakan tari Gubang dapat dikembangkan secara massal yang dilaksanakan setiap paginya sebagai pengganti senam," harap Syamsuddin.

Lanjutnya, kepada seluruh tenaga pendidik, Bapak dan Ibu guru yang telah mendukung kegiatan ini, kami ucapkan terima kasih.

"Kami ucapkan terima kasih, sehingga kegiatan festival Tari Gubang dapat terlaksana dengan baik. Bagi peserta yang keluar sebagai pemenang, nantinya akan kami bawa ikut tampil pada acara Pekan Raya sumatera Utara," ujar Syamsuddin. (dep)
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments