SP3T Kodim 0203/Langkat Hasilkan Beras 7 Ton Per Minggu




Binjai-Metrolangkatbinjai.com

Sentra Pelayanan Padi Terpadu (SP3T) Kodim 0203/Langkat, sudah beroperasi sejak satu tahun lalu di Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat.

Meski terbilang baru, tetapi SP3T dibawah binaan Dandim 0203/Langkat ini sudah menghasilkan beras sebanyak 7 ton per minggu.

Dandim 0203/Langkat, Letkol Inf Denni Eka Gustiana, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (28/11) menerangkan,  bahwa SP3T bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan para petani.



Lebih jauh Denni mengatakan, dengan adanya SP3T dapat membantu para petani dari hulu ke hilir. Artinya, SP3T dapat membuat benih, menanam, memanen, mengeringkan, hingga menggiling gabah menjadi beras.

Untuk pengeringan gabah, lanjut Denni, tidak lagi memanfaatkan sinar matahari, tetapi memanfaat mesin pengering atau driyer.

"Kita juga membantu petani menanam dengan mesin tranplanter empat roda. Sehingga proses penanaman lebih cepat dan mudah," bebernya.

Denni juga menyebutkan, kapasitas mesin penggiling gabah SP3T mencapai 1,5 ton per jam.

"Beras hasil penggilingan di SP3T sudah dipasarkan ke Primkopad Bulog, Primkopad Kodim, Kota Binjai, Kecamatan Sei Bingei dan Kabupaten Langkat, serta Deli Serdang," ungkapnya.

"Kami berharap, SP3T ini bisa menjadi penopang di Kabupaten Langkat dan bisa melayani jasa pengeringan di kalangan petani," harap Denni. (ian)


Show EmoticonHide Emoticon