Simpul Hidup, Latihan Penanggulangan Bencana Alam di Makorem 022/PT




Metrolangkatbinjai.com

Kajasrem 022/PT Kapten Inf Dedi Nasution, menerangkan Kata Tali, simpul atau tali temali tidaklah aneh lagi bagi kita, terlebih bagi anda yang pernah ikut dalam anggota pramuka. Dalam dunia panjat tebing materi simpul atau mengenal jenis-jenis simpul tali pun merupakan hal yang wajib diketahui, sebab akan sangat utama dalam sebuah pemanjatan dan sebagai salah satu penggenggaman saat melakukan pemanjatan.

Menurutnya, sebelum mengarah kepada macam-macam tali simpul yang digunakan dalam panjat tebing, ada baiknya kita jelaskan terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan simpul, tali, dan ikatan? sebab tali temali, simpul, dan ikatan sering dicampur baurkan jadi satu dengan yang lainnya. Secara signifikan kita dapat mendefinisikan sebagai berikut : Simpul merupakan hubungan antara tali dengan tali. bisa jadi satu tali dengan tali yang lain maupun masih dengan satu tali itu sendiri.

Tali merupakan kata bendanya atau tali itu sendiri. sedangkan tali temali merupakan bermain tali. Ikatan merupakan hubungan antara tali dengan benda. Biasanya benda di sini berupa kayu, ranting, batu, besi ataupun satwa. Sehingga dapat disebutkan bahwa simpul adalah hubungan antara tali dengan tali yang belum dikaitkan pada suatu benda lainnya.

Pengertian Tali Temali merupakan salah satu seni menyambung tali dengan menggunakan simpul-simpul sehingga dapat menghasilkan suatu alat atau benda lain yang dapat dimanfaatkan, contohnya seperti tandu, yang terdiri dari dua buah batang bambu dengan besar dan panjang yang serupa, dengan beberapa tali, selanjutnya diikat dengan menggunakan simpul jangkar dan simpul pangkal.

"Setelah penguraian tentang simpul, tali, ikatan dan tali temali, kita juga akan membahas mengenai jenis-jenis simpul dalam tali temali yang dipakai dalam kegiatan panjat tebing, mengapa di panjat tebing? karena tidak semua simpul digunakan dalam kegiatan panjat tebing yang cenderung khusus," tegas Kajasrem 022/PT Kapten Inf Dedi Nasution.

Seperti yang dilaksanakan oleh personel Latihan penanggulangan bencana alam yang dilaksanakan di lapangan tembak Makorem 022/PT, oleh penguji dari Tim Jasmani Militer Korem 022/PT. disana diterapkan dan diajarkan cara cara untuk mengatasi penanggulang pada banjir ataupun yang lain, Kamis (15/11). (Put)


Show EmoticonHide Emoticon