Rusia dan Argentina Sepakat Menjalin Kemitraan Strategis Dalam Lingkup Pembangkit Tenaga Nuklir


Foto Net

Metrolangkatbinjai.com

Kerjasama antar Negara tentunya sangat baik untuk menunjang pertumbuhan ekonomi maupun bidang lainnya. Kali ini adalah Negara Rusia dan Argentina yang berencana membuat kesepakatan mengenai kemitraan strategis dalam lingkup pembangkit tenaga nuklir di sela KTT G20 yang akan dimuai akhir pekan ini di Buenos Aires.

Dilansir dari RMOL.Co, Duta Besar Rusia untuk Buenos Aires Dmitry Feoktistov, seperti dimuat Russia Today mengatakan, kemitraan ini akan memunculkan kemungkinan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN), yang dirancang oleh Rusia

"Rusia siap untuk membawa proyek siap pakai dan pembiayaan sendiri ke Argentina," jelasnya. 

"Kita dapat membangun pembangkit listrik seperti itu, mengoperasikannya, dan menjual listrik kepada mitra Argentina dengan harga tetap tertentu," sambungnya.

Permintaan global untuk pembangkit listrik tenaga nuklir buatan Rusia sendiri saat ini sedang mengalami peningkatan.

Perusahaan nuklir Rusia, Rosatom diprediksi akan menandatangani kontrak asing senilai 26 miliar dolar AS tahun ini untuk pembangunan dan pemeliharaan fasilitas nuklir.

Rusia sendiri sejauh ini telah membangun PLTN di sejumkah negara, termasuk di China, India, Iran, Turki, Mesir, dan sejumlah negara lain. 

Awal bulan ini, Rusia menyetujui pembangunan unit baru di pembangkit listrik tenaga nuklir Tianwan di China yang merupakan proyek PLTN bersama terbesar antara kedua negara. (Red/RMOL)


Show EmoticonHide Emoticon