Reses Anggota DPRD Sumut, Pemerintah Diminta Bangun Irigasi dan Listrik



Anggota DPRD Sumut Sampang Malem tampak berdialog dengan warga pada kegiatan reses di Kecamatan Kuala

Kuala-Metrolangkatbinjai.com

Petani di Desa Besadi, Kecamatan Kuala, Kabupaten Langkat, mengeluh karena tidak adanya saluran irigasi yang mengairi sekira lima puluh hektar areal persawahan milik mereka. Keluhan itu disampaikan petani pada anggota DPRD Sumut, Sampang Malem, saat melakukan reses di Desa Beruam, Kamis (1/11).

Para petani mengakui telah berulang kali mengajukan permohonan pembangunan irigasi pada Pemkab Langkat. Namun, usulan tersebut dikatakan petani tidak pernah terealisasi dikarenakan faktor tidak adanya lahan untuk membangun irigasi tersebut.

"Usulan pembangunan irigasi berulang kali kami lakukan, tapi tidak terealisasi hingga saat ini," sebut Mulo Ginting, saat mengutarakan keluhannya.

Terkendalanya pembangunan irigasi yang telah berulang kali diusulkan para petani  diduga dikarenakan sebahagian besar lahan untuk pembangunan irigasi digunakan sebagai lahan perkebunan.

"Kami menduga pihak perkebunan tidak memberikan ijin pembebasan lahan pada Pemerintah untuk pembangunan irigasi di areal milik perkebunan," sebutnya.

Para petani sangat berharap pihak Perkebunan dapat memberikan ijin pembebasan lahan agar pembangunan irigasi dapat secepatnya terealisasi.

" Kami sangat berharap agar pihak Perkebunan dapat membebaskan sedikit lahannya untuk pembangunan saluran irigasi dari sungai menuju areal persawahan," harapnya.

Selain mengusulkan pembangunan irigasi, dalam pelaksanaan reses yang dirangkai dengan dialog bersama warga itu, mereka juga mengusulkan permohonan bantuan bibit ternak, kelapa sawit, hand traktor dan bantuan UKM pada kelompok usaha konveksi di Desa itu. Warga berharap bantuan yang mereka usulkan dapat meningkatkan taraf hidup warga Desa yang sebahagian besar merupakan petani pekebun dan peternak.

Menanggapi keluhan petani terkait kendala pembebasan lahan untuk pembangunan sarana irigasi, Sampang berjanji akan membantu petani dengan memediasi petani dan Pemerintah daerah dengan pihak perkebunan. Anggota Komisi B DPRD Sumut ini berharap secepatnya permasalahan tersebut dapat terselesaikan agar puluhan hektar sawah petani dapat terairi.

Sedangkan usulan warga terkait bantuan bibit ternak dan sawit serta hand traktor jiga peralatan konveksi bagi para kelompok petani dan UKM, politisi dari Partai Golkar ini juga berupaya untuk membantu dengan mengusulkan seluruh aspirasi warga pada Pemprovsu agar ditampung dalam anggaran pembangunan daerah.

Selain melakukan reses di Kecamatan Kuala, Sampang Malem sebelumnya juga melakukan kegiatan reses di Desa Turangi, Kecamatan Salapian. Dalam kegiatan reses yang dihadiri Camat Salapian Sinar Sembiring dan sejumlah kepala Desa serta ratusan warga desa itu, warga mengeluhkan belum terpasangnya aliran listrik di salah satu Desa di Salapian. (Tris)
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments