Pemkab Asahan Gelar Bursa Inovasi Desa



Sekda Asahan buka acara Bursa Inovasi Desa

Asahan-Metrolangkatbinjai.com

Dalam rangka meningkatkan kapasitas Desa untuk mewujudkan agenda nawacita sesuai dalam RPJMN tahun 2015-2019, Pemerintah Kabupaten Asahan menggelar Program Inovasi Desa (PID), bertempat di gedung Serbaguna Kisaran, Selasa (13/11).

Bupati Asahan Drs H Taufan Gama Simatupang MAP, dalam kesempatan tersebut diwakili Sekda, Taufik Zainal Abidin menjelaskan, bahwa Bursa Inovasi Desa merupakan forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di Desa.

Bahwa kegiatan Bursa Inovasi Desa diselenggarakan pada tingkat Kabupaten sebagai kegiatan peluncuran guna mendukung pelaksanaan inovasi Desa di tingkat Kecamatan. Dimana Bursa Inovasi Desa merupakan bagian tak terpisahkan dari model Pengelolaan Pengetahuan dan Inovasi Desa (PPID) secara berjenjang mulai dari Desa, Kecamatan dan Kabupaten," jelas Taufik.

Program Inovasi Desa sesuai nawacita  dan undang-undang Desa nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, bagaimana cara mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan Desa secara berkualitas agar dapat meningkatkan produktifitas dan kemandirian ekonomi masyarakat.

“Program Inovasi Desa adalah program Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal & Transmigrasi melalui restrukturisasi program yang difokuskan pada pendampingan desa," terang Taufik.

Menurut Sekda, dengan adanya program inovasi Desa ini, Pemerintah Kabupaten Asahan sangat menyambut baik, sebagai sarana pencapaian target inovasi desa di bidang kewirausahaan dan pembangunan ekonomi lokal, bidang Sumber Daya Manusia dan bidang Infrastruktur.

Sementara ketua Panitia, Agus Syamsuddin, menyampaikan tujuan pelaksanaan Bursa Inovasi Desa kedepan diharapkan Desa mampu mengacu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisifatif. Program ini merupakan bentuk dukungan bagi Kepala Desa agar lebih efektif dalam menyusun penggunaan dana desa sebagai peningkatan produktifitas dan kesejahteraan masyarakat.

"Pelaksanaan program inovasi Desa di Kabupaten Asahan diikuti sebanyak 841 undangan yang terdiri dari unsur OPD 38 orang, Kepala Desa Se Kabupaten Asahan 177 orang, BPD 177 orang, tokoh masyarakat 177 orang, Pendamping Desa 112 orang dan Tim Pelaksana Inovasi Desa 115 orang," terang Agus.

Program Inovasi Desa dihadiri oleh Bupati Asahan diwakili Sekda, para OPD, para Camat, para Kepala Desa dan pengurus TP PKK Kabupaten Asahan. (Dep)


Show EmoticonHide Emoticon