OJK On The Road di Secanggang




Secanggang-Metrolangkatbinjai.com

Dalam rangka Hari Ulang Tahun Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ke 7 dan  program budaya kerja OJK Kantor Regional 5 Sumbagut mengadakan SLIK on the road, di Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat.

Kegiatan tersebut dirangkum dengan nama Workshop dan Pendampingan Teknis Program Pengembangan Pertanian dan Peternakan TPAKD Kabupaten Langkat, yang diikuti oleh para petani dan peternak se- Kecamatan Secanggang, Kamis (8/11) di aula Kantor Camat Secanggang.

Kasubbag Kemitraan Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Daerah OJK KR 5 Sumbagut, Zulfikar, mengatakan,
sejak 1 Januari 2018, layanan Sistem Informasi Debitur (SID), yang biasa dikenal sebagai BI Checking, beralih, yang awalnya dikelola Bank Indonesia (BI) kini dikelola Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Peralihan ini berkaitan dengan mulai diaplikasikannya Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK).

Dengan berjalannya SLIK, Bank Indonesia (BI) tidak lagi melayani kegiatan operasional SID atau BI Checking sejak 31 Desember 2017. Pelapor SID ataupun masyarakat yang ingin melakukan pengecekan BI Checking dapat melakukannya di OJK
Kemudian ada tata cara permintaan informasi debitur. Debitur datang ke OJK membawa dokumen pendukung dan mengisi formulir permintaan informasi debitur. Kalau debitur perseorangan menunjukkan identitas diri asli seperti KTP untuk WNI dan Paspor untuk WNA.

"Untuk debitur badan usaha membawa fotokopi identitas badan usaha dan identitas pengurus dengan menunjukkan identitas asli badan usaha, NPWP, akta pendirian perusahaan dan perubahan anggaran dasar terakhir," kata Zulfikar.

Selanjutnya dijelaskan, OJK memeriksa dan meneliti formulir serta dokumen pendukung debitur. Apabila sudah sesuai dengan persyaratan, OJK  melakukan pencetakan hasil informasi debitur.

"Kemudian OJK melakukan konfirmasi dan menyerahkan hasil informasi debitur kepada pemohon beserta tanda terima yang ditandatangani oleh pemohon," pungkas Zulfikar.

Kabid Peternakan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Langkat Supriadi, SP mengatakan kita patut bersyukur acara workshop  pengembangan pertanian dan peternakan ini diselenggarakan oleh OJK, dengan harapan dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan peternak, dengan berbagai peluang pinjaman. "Kepada penyuluh dan kelompok tani agar menyampaikan apa yang didapat hari ini terkait dengan peternakan dan pertanian ke petani diwilayah kerjanya," kata Supriadi.

Kegiatan yang berlangsung sehari ini diisi juga oleh PT Pegadaian, BRI, dihadiri oleh Sekcam Secanggang Adek Agustiani, SE, dan Penyuluh Pertanian Lapangan. (lim)
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments