Latihan "GULBENCAL" Sebagai Metode Memelihara dan Meningkatkan Kewaspadaan Satuan




Metrolangkatbinjai.com

Pelaksanaan latihan penanggulangan bencana alam yang dilaksanakan personel Korem 022/Pantai Timur memasuki hari ketiga, pada hari ini, masih melanjutkan pembekalan dan pemantapan materi dari masing-masing unit dan disiang harinya dilanjutkan materi simulasi TFG (Tactical Floor Game) yang langsung disampaikan oleh Kasiops Korem 022/Pantai Timur Mayor Inf Anjuanda Parhusip, yang dilaksanakan di Aula Makorem 022/PT Jalan Asahan Km. 3,5 Kabupaten Simalungun, Pematangsiantar.

TFG adalah mensimulasikan pergerakan unsur-unsur pasukan beserta perlengkapannya yang terlibat dalam penanggulangan bencana, seperti operasi yang sebenarnya.

"Tactical Floor Game merupakan kegiatan pengujian konsep Rencana Operasi (RO), kepada seluruh satuan yang terlibat dalam operasi penanggulangan bencana. Pelaksanaan uji konsep Rencana Operasi, yang disimulasikan dengan pelaksanaan tugas dan tanggung jawab unsur-unsur yang terlibat dalam operasi penanggulangan bencana, diantaranya mulai dari embarkasi materiil dan personel, penanggulangan bencana kebakaran, evakuasi korban, penanganan pengungsi dan pendistribusian bantuan," papar Kasiops, saat dikonfirmasi, Kamis (15/11).

Latihan penanggulangan bencana alam yang dilaksanakan merupakan salah satu metode untuk memelihara dan meningkatkan kewaspadaan serta kesiapan prajurit maupun satuan Korem 022/Pantai Timur dalam mengantisipasi bahaya bencana alam.

Adapun sasaran yang harus dicapai dari kegiatan latihan penanggulangan bencana alam ini adalah terwujudnya suatu konsep strategis penanggulangan bencana alam dengan membangun pola kerjasama terpadu yang efektif dan efisien berupa Rencana Operasi Penanggulangan Bencana Alam, yang dapat digunakan sewaktu-waktu. (Put)
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments