Kadis Pendidikan Buka MTQ Antar Pelajar SD dan SMP ke-XI se-Kab.Langkat

Para pelajar yg mengikuti Mtq
Kadisdik bersama dewan juri


STABAT – Metrolangkat.com

Kadis Pendidikan (Kadisdik) Langkat, DR.H.Saiful Abdi, SH, SE, M.Pd, membuka kegiatan MTQ antar pelajar tingkat SD dan SMP se Kab.Langkat, Kamis (15/11) di SD 050661 Kwala Bingai, Jln.Proklamasi, Kec.Stabat.

Menurut Ketua MUI Kab.Langkat, H.Ahmad Mahfuz, bahwa pelaksanaan kegiatan ini sangat perlu dilaksanakan di era globalisasi dan tekhnologi modern kepada para pelajar sejak dini, agar terbiasa membaca kitab suci Al-Qur’an serta meningkatkan keimanan kepada Allah SWT.

Mahfuz menggambarkan, bahwa saat ini para pelajar mulai terbius dengan dunia maya yang bisa mempengaruhi perilaku anak dan pelajar ke arah yang negatif.

 Sehingga, pelajar lebih banyak membuang waktunya untuk hal-hal yang tidak penting dari pada melaksanakan kewajibannya sebagai pelajar dan sebagai umat Islam.

“Jadi, tidak heran jika saat ini banyak para pelajar yang tidak pandai mengaji atau tidak bisa membaca Al-Qur’an. Jadi, dengan adanya kegiatan MTQ ini, anak-anak dan pelajar SD atau SMP di Kab.Langkat semakin giat mengaji dan membaca Al-Qur’an ,” ujarnya.

Sementara itu, Kadisdik Langkat, H.Saiful Abdi, juga sangat mengapresiasi Kepala Sekolah SD 050661, Hj.Nurjani, S.Pd, yang sudah menyediakan tempat untuk pelaksanaan kegiatan MTQ antar pelajar ini dengan segala perlengkapannya.

“Lokasi dan segala perlengkapan kegiatan yang disediakan di SD 050661 ini sangat bagus. Apalagi kegiatan ini akan dilagsungkan selama 3 hari dari tanggal 15-17 Nopember 2018. Berarti antara panitia pelaksana dengan Bu Kasek,  terjalin komunikasi yang baik. Sehingga, hasilnya pun bisa baik seperti ini.

Semoga, para Kepala Sekolah lain, baik di tingkat SD atau SMP yang semuanya hadir di sini, juga bisa menjadi tuan rumah yang baik untuk pelaksanaan kegiatan MTQ antar pelajar selanjutnya,” ujar Saiful yang disambut aplus dari para Kasek serta undangan yang hadir.

Dalam kesempatan itu, Saiful juga memberi semangat kepada para pelajar yang berani unjuk kebolehan mengikuti  MTQ tingkat pelajar SD dan SMP se-Kab.Langkat ini.

Sebab, selain mendidik anak untuk terus menanamkan keimanan, kegiatan ini juga sesuai dengan Visi dan Misi Bupati Langkat, H.Ngogesa Sitepu SH.

“Kegiatan MTQ tingkat pelajar ini, merupakan salah satu Visi dan Misi dari Bapak Bupati, H.Ngogesa Sitepu tentasng upaya menjadikan masyarakat Langkat yang religius. `Sebagai upaya pembinaan kepada peserta didiki untuk menjadi generasi muda yang cerdas, terampil dan berahlak mulia,” ujarnya.

Selain itu, kata Saiful, kegiatan MTQ antar pelajar ini diharapkan bisa memotivasi peserta didik untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan di bidang seni baca/tulis Al-Qur’an, sekaligus bisa memanfaatkan kegiatan ini sebagai upaya syiar Islam.

Usai menyampaikan kata sambutan, H.Syaiful kemudian melakukan pelantikan para dewan hakim penilai sesuai kegiatan yang diperlombakan, yakni Tilawah dan Khatil (Kaligrafi Islam).

Adapun ke-5 dewan hakim tersebut yakni  M.Yusuf, S.PDI dari Ponpes Al Ikhwan Padang Tualang (Tilawah), Ahmad Firdaus dari PT.LNK Tanjung Beringin Hinai (Tilawah), Putra Surbakti, S.PdI  dari SMP Negeri Hinai (Tilawah), Zulkifli, SH.I dari Ponpes Ulumul Qur’an Stabat (Khatil) dan Rustam Effendi, SH.I dari  Ponpes Ulumul Qur’an Stabat (Khatil).

Usai melantik para dewan hakim, H.Syaiful Abdi kemudian melakukan pemukulan beduk tanda pembukaan MTQ tingkat pelajar SD dan SMP se Kab.Langkat, disaksikan seluruh pantia pelaksana.

Sementara, jumlah peserta yang mengikuti perlombaan cabang Tilawah tingkat SD baik putra dan putri sebanyak 30 peserta. Sedangkan cabang Tilawah tingkat SMP putra dan putri sebanyak 29 peserta dan cabang Khatil yang memang dikhususkan untuk tingkat pelajar SMP putra dan putri sebanyak 23 peserta.

Dalam kegiatan MTQ tersebut tampak hadir Sekretaris Disdik yang juga sebagai Ketua Panitia, Rasta, S.Pd, M.Pd, Sagino, S.Pd, seluruh Kasek SD dan SMP se-Kab.Langkat, Kabid SMP dan Kabid SD, para pejabat eselom III Dinas Pendidikan dan para undangan lainnya.(Rud)




Show EmoticonHide Emoticon