Kabupaten Simeulue (NAD) Diguncang Gempa Bumi



Foto ilustrasi Net

Metrolangkatbinjai.com

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah I
Edison Kurniawan, S.Si., M.Si, melalui rilisnya menyampaikan telah terjadi Gempa Bumi Tektonik berkekuatan M=4,4 mengguncang Kabupaten Simeulue, Nangroe Aceh Darussalam (NAD), Rabu (21/11) sekira Pukul 21:38:44 7Wib.

Beruntung, Gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan Tsunami.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan M=4,4 terjadi dengan koordinat episenter pada 2,35 LU dan 96,29 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 43 KM arah Tenggara Kabupaten Simeulue, NAD, pada kedalaman 16 KM.

Adapun dampak gempabumi yang digambarkan oleh Peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan bahwa dampak gempabumi berupa guncangan berpotensi dirasakan di daerah (Kabupaten Simeulue-Aceh III - IV MMI).

"Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.Zona ini dimulai dari lepas pantai di sebelah barat Sumatra hingga terus menukik ke arah timur hingga ke bawah daratan pulau Sumatra," kata Edison, melalui BPBD Kota Binjai.

Hingga pukul 22:00 Wib, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

"Kepada masyarakat di sekitar wilayah Simeulue-Aceh, dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya," tutup Edison. (Red)


Show EmoticonHide Emoticon