Dua Pekan Melarikan Diri, Pembunuh Ini Akhirnya Berhasil Diringkus



Tersangka saat diamankan di Polres Langkat

Besitang-Metrolangkatbinjai.com

Aparat Kepolisian dari Polsek Besitang, berhasil melakukan penangkapan terhadap tersangka Tindak Pidana Pembunuhan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 338  KUHPidana, Selasa (27/11) Sore, sekira Pukul 16.00 Wib.

Tersangka adalah
Nevia Amendra alias Via (23) warga Lingkungan VII  Bukit Kubu, Kelurahan Pekan Besitang, Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat. Penangkapan tersangka berdasarkan
Laporan Polisi : LP/ 96 / XI/2018/ SU/ LKT SEK BESITANG, tanggal 13 November 2018.

Sedangkan korbannya adalah Khairul Iman Nasution alias Ilun (34) warga Lingkungan VII  Bukit Kubu, Kelurahan Pekan Besitang, Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat.

Diamankannya tersangka bermula pada hari Selasa (13/11) sekira pukul 09.00 Wib, dimana Pelapor yaitu M Yunan Nasution, Warga Lingkungan VII Bukit Kubu, Kelurahan Pekan Besitang, Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat, pergi memancing ikan dan kembali ke rumah sekira pukul 12.00 Wib. Saat itu, pelapor melihat korban sedang ngobrol bersama seseorang di Pondok belakang rumahnya. Namun tak berselang lama, dirinya tidak melihat korban ada di Pondok.

Usai mandi, pelapor mendengar suara teriakan korban meminta tolong, dan saat dilihat, korban datang dengan berlumuran darah di bagian wajah.

"Pelapor sempat menanyakan siapa pelakunya, lalu dijawab korban. Selanjutnya Pelapor pergi mencari becak untuk membawa korban ke Puskesmas. Namun setibanya di Puskesmas terdekat dan sempat di tangani pihak Puskesmas, nyawa korban sudah tidak tertolong lagi," beber Kasubbaghumas Polres Langkat, AKP Arnold Hasibuan, Kamis (29/11).

Sementara itu, sambung Arnold, korban mengalami luka dibagian bibir atas, kepala robek, lengan sebelah kanan luka robek, dan punggung bagian belakang luka robek di duga disebabkan senjata tajam.

Usai Pihak Medis mengatakan Korban telah meninggal dunia, selanjutnya Pelapor membuat pengaduan Ke Polsek Besitang, guna proses lebih lanjut.

Setelah menerima Laporan dan mengantongi identitas Pelaku, aparat Kepolisian dari Polsek Besitang melakukan penyelidikan untuk mengetahui keberadaan tersangka.

"Pada tanggal 14 Novemver lalu, di ketahui tersangka menggunakan HP dan posisi terakhir pada cek pos hand phone terdapat di Kecamatan Hinai. Namun pada saat dilakukan pengejaran ke posisi terakhir, tersangka tidak ketahui karena HP tersebut mati dan kehilangan posisi tersangka," kata Arnold.

Sehari setelahnya, sambung Arnold,  dilakukan pengecekan pada Cek IM HP tersangka di ketahui berada di Brastagi. Saat dilakukan pengejaran, tersangka sudah tidak ada dan HP tersangka tidak aktif lagi.

"Pada tanggal 25 November 2018, di ketahui Cek IM HP tersangka berada di Marelan, selanjutnya pengejaran dan ditemukan HP tersangka kepada orang lain di mana HP tersebut telah dijualnya kemudian tim melakukan penyelidikan dan di dapat informasi tersangka menuju ke daerah Aceh, tepatnya di Sabang," ungkap Arnold.

Lanjut Arnold, Pada tanggal 26 November 2018, Kanit Pidum Iptu Bram Candra, dan tim melakukan pengejaran ke Sabang, dan menuju tempat tersangka bersembunyi, tepatnya di Proyek Pelabuhan Balohan. Dan sehari setelahnya, anggota melakukan penyelidikan dan diketahui tersangka sedang bekerja di Proyek Pelabuhan itu.

"Tersangka yang saat itu sedang bekerja, akhirnya berhasil diamankan dan di bawa ke Polres Langkat," ucapnya.

"Pada saat dilakukan intrograsi kepada tersdilakukairinya mengakui perbuatannya dan menjelaskan bahwa ada membuang barang bukti senjata tajam berupa pisau yang digunakan oleh tersangka melakukan pembunuhan terhadap korban yang di buang di Kelurahan Sidomulyo," sambung Arnold, seraya mengatakan pada saat dilakukan pencarian, anggota berhasil menemukan barang bukti tersebut.

Kini, tersangka di bawa ke Polres Langkat guna untuk diproses lanjut. (Put)
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments