Desa Percontohan Pertama Di Indonesia, Ketua Bawaslu RI Resmikan Kampung Pengawasan Pemilu 2019



Ketua Bawaslu RI Abhan SH, resmikan Kampung Pengawasan Pemilu Pertama di Indonesia

Asahan-Metrolangkatbinjai.com

Bertujuan untuk menciptakan Pemilihan Umum (Pemilu) yang jujur, adil serta dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat agar  berpartisipasi dan ikut untuk melakukan pengawasan penyelenggaraan Pemilu, untuk itu diresmikan Kampung Pengawasan Pemilu tahun 2019.

Hal tersebut dikatakan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia Abhan SH, saat meresmikan pembukaan pelaksanaan Kampung Pengawasan Pemilu tahun 2019, Senin (19//11), bertempat di dusun I, Desa Silo Lama, Kecamatan Silo Laut, Kabupaten Asahan.

“Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada masyarakat Kabupaten Asahan yang telah mendukung sepenuhnya pelaksanaan Kampung Pengawasan Pemilu. Sebab, suksesnya pelaksanaan Pemilu bukan hanya tanggung jawab Bawaslu saja, namun diharapkan Partisipasi masyarakat untuk ikut mengawasi penyelenggaraan Pemilu demi terwujudnya Pemilu yang jujur, adil sesuai dengan harapan kita semua," ucap Abhan.

Dirinya juga mengatakan bahwa Desa Silo Lama, Kecamatan Silo laut merupakan Desa yang menjadi Kampung Percontohan Pengawasan Pemilu pertama diseluruh Indonesia.

"Kedepan kita harapkan Kampung Pengawasan Pemilu dapat di terapkan di daerah di seluruh Indonesia," sebut Abhan.

Hal senada disampaikan Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Utara Syafrida Rasahan. Menurutnya, Kampung Pengawasan Pemilu berfungsi untuk melakukan Pengawasan Pemilu.

"Dengan adanya Kampung Pengawasan Pemilu ini, saya mengajak semua pihak, baik itu Penyelenggara Pemilu maupun masyarakat agar dapat berpartispasi untuk melakukan Pengawasan Pemilu agar tercipta Pemilu yang Jurdil (jujur dan adil)," kata Syafrida.

Ditempat yang sama, Bupati Asahan Drs H Taufan Gama Simatupang MAP, diwakili Assisten II bidang ekonomi dan Pembangunan Drs Jhon Hardi mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Asahan, kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bawaslu Kabupaten Asahan yang telah memprakarsai Peresmian Kampung Pengawasan Pemilu tahun 2019 di Kabupaten Asahan.

"Kegiatan Kampung Pengawasan Pemilu merupakan konsep strategis Bawaslu Kabupaten Asahan, tujuannya meminimalisir terjadinya pelanggaran pada saat berlangsungnya tahapan Pemilu sampai dengan Pemilu 2019 selesai dengan melibatkan semua stakeholder, seperti penyelenggara Pemilu, Pemerintah,TNI/Polri serta partisipasi masyarakat," kata Jhon.

Dirinya menambahkan, melalui kegiatan peresmian tersebut, Pemkab Asahan berharap agar kedepannya tingkat Partisipasi masyarakat sebagai Pemilih dapat meningkat, sekaligus  dapat memberikan pendidikan Politik kepada masyarakat Asahan demi terwujudnya demokrasi yang baik," sebutnya.

Hadir pada kegiatan peresmian Kampung Pengawasan Pemilu tersebut antara lain Gubernur Sumatera Utara diwakili assisten II Ekbang, Ir Ibnu Utama, Bupati Asahan diwakili Assisten II Jhon Hardi, Pangdam I BB diwakili Letkol Inf Agustasius, Kapoldasu diwakili Kasubbit I Simon Paulus, Dandim 0208 As, Ketua Bawaslu RI, Ketua Bawaslu Provsu, para Komisioner Bawaslu Asahan, para Camat se-Kabupaten Asahan dan ribuan masyarakat Asahan. (Dep)
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments