BKD Langkat Launching Aplikasi "SIMPEL SIKAT"



Langkat-Metrolangkatbinjai.com

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat, melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Langkat, melaksanakan Launching Sistem Pelayanan Pensiun Langkat (SIMPEL SIKAT), bertempat di Aula Kantor BKD Langkat, belum lama ini.

Kepala BKD Langkat Musti SE, MSi, pada sambutanya berharap dengan adanya inovasi SIMPEL SIKAT ini, pelayanan pensiun di Kabupaten Langkat semakin baik, efisien dan efektif.

“Karena aplikasi ini bisa diakses dimanapun dan kapan pun hanya melalui android /smartphone dengan koneksi internet,” sebutnya.

Sembari mengucapkan terimakasih kepada Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu SH, yang telah mendukung penuh hingga terlaksananya launching aplikasi SIMPEL SIKAT di BKD Langkat.

Kasi Disiplin dan Pemberhentian BKD Langkat, Widya Syafitri SH, yang merupakan project leader atau penggagas inovasi ini menerangkan, aplikasi SIMPEL SIKAT ini merupakan inovasi baru yang bertujuan untuk mempermudah pelayanan pensiun bagi PNS di Kabupaten Langkat.

“Melalui aplikasi ini dapat menghemat waktu, dan biaya," ucapnya.

Salah satu bentuk efisiensi yang didapat dengan penerapan SIMPEL SIKAT ini, kata Widya, para PNS yang mengajukan usul pensiun tidak perlu lagi mengeluarkan biaya transportasi dan membuang waktu untuk datang ke kantor BKD, hanya untuk bertanya sampai dimana proses administrasi pengurusan pensiunnya, karena mereka bisa diberi akses untuk melacak sendiri sampai dimana proses pensiunnya dengan sistem aplikasi ini.

“Jadi tidak perlu lagi datang bolak balik ke kantor BKD, untuk bertanya sudah sampai mana proses pemberkasannya, dengan begitu kan jadi hemat biaya plus tenaga,” ujar pegawai BKD itu, yang saat ini sedang melaksanakan pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tingkat IV.

Bahkan, sambung Widya, kemudahan yang ditawarkan bukan itu saja, sebab dengan aplikasi SIMPEL SIKAT ini, para PNS yang mengajukan usul pensiun, tidak perlu menunggu lama untuk proses persetujuan berkas dari kepala BKD, jika kepala BKD nya tidak berada ditempat, disebabkan tugas luar ataupun kunjungan kerja ke luar kota yang memakan waktu sampai sepekan. Berkas pensiun tidak terbengkalai karena dapat ditandatangani secara elektronik menggunakan aplikasi ini.

“Dengan aplikasi ini berkas tidak akan terbengkalai, karena kepala BKD dapat melakukan paraf/tandatangan elektronik dimanapun dan kapan pun, menggunakan android/Smartphone," terangnya.

Cara mengunakan aplikasi ini, papar Widya, sangat mudah, tinggal buka portal SIMPEL SIKAT BKD Langkat saja, lalu dioperasikan semudah menggunakan akun media sosial dengan fasilitas android.

Dirinya juga mengucapkan terimakasih kepada Diskominfo Langkat yang telah mendukung dalam penyediaan server penyimpan data pensiun sekaligus programmer yang membantu pembuatan aplikasi SIMPEL SIKAT ini. (Put)
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments