Walikota Binjai Saksikan Penandatanganan Integrated CJS




Binjai-Metrolangkatbinjai.com

Dalam rangka mensukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg), lima lembaga yang terdiri dari Pengadilan Negeri (PN), Kejaksaan Negeri (Kejari), Badan Narkotika Nasional (BNN), Polres, dan Lembaga Permasyarakatan (LP) Klas IIA Binjai menandatangani penguatan integrated Criminal Justice System (CJS), bertempat di Ruang Sidang Chakra Pengadilan Negeri, Jalan Gatot Subroto, Kecamatan Binjai Barat, Senin (22/10).

Penguatan integrated CJS dalam rangka mensukseskan Pilpres dan Pileg, ditandatangani oleh Ketua PN Binjai, Fauzul Hamdi, Kapolres, AKBP Donal P Simanjuntak, Kajari Victor Antonius Saragih Sidabutar, Kepala BNNK AKBP Joko Susilo, dan Kalapas Maju Amintas Siburian, disaksikan Walikota HM Idaham, Dandim 0203/Lkt, Letkol Inf Deni Eka Gustiana, Ketua DPRD, H Zainuddin Purba, Kaden A Sat Brimob Polda Sumut, AKBP Nugroho Tri Nuryanto, Danyon Arhanud 11/WBY, Mayor Arh Tamaji, dan Danyon Raider 100/PS, Letkol Inf Lizardo Gumay.

Ketua PN Binjai, Fauzul Hamdi, pada kesempatan itu mengatakan, penandatanganan intergrated CJS ini diinisasi oleh pengadilan dan dibantu Polres Binjai.

"MoU ini merupakan langkah awal penegak hukum bersatu, demi menjaga keamanan dan kekondusifan Kota Binjai dalam mengawal Pemilu tahun 2019 mendatang," ujar Fauzul.

Diungkapkan Fauzul, kedepan akan banyak lagi kegiatan yang harus di bahas demi pengamanan Pilpres dan Pileg, khususnya di Kota Binjai.

Walikota Binjai, HM Idaham, atas nama Pemerintah Kota (Pemko) menyambut baik, serta apresiasi atas terselenggaranya penandatanganan MoU ini. Dimana kegiatan ini merupakan salah satu bentuk komitmen bersama dari unsur penegak hukum dalam rangka sinkronisasi dan sinergitas menyangkut pengamanan Pemilu.

"Kita hadir disini dalam rangka ikut mensukseskan agenda nasional Pemilu tahun 2019. Kegiatan ini salah satu bahagian terpenting demi mensukseskan Pemilu. Pada prinsipnya Pemko mendukung semua kegiatan demi keamanan dan kekondusifan Kota Binjai," tegas Walikota.

Kesepakatan ini sangat mendukung penyelenggaraan pemerintahan, keamanan dan ketertiban di Kota Binjai, terutama menyangkut aspek hukum. Pemko akan selalu mendukung, tentunya sesuai dengan wewenang dan kapasitas pemerintah daerah.

Menambahkan, Kepala Kejaksaan Negeri Binjai, Victor Antonius Saragih Sidabutar, meminta semua pemangku kepentingan di Kota Binjai untuk dapat melepaskan suasana kekakuan, dan mari bersatu demi menciptakan Binjai yang aman dan kondusif.

"Ciptakan suasana harmonis antara sesama penegakan hukum, dan pemegang kekuasaan. Buktikan bahwa kita kompak, dan solid, sehingga apabila terjadi satu kejadian, kita semua bersatu dalam menyelesaikan masalah tersebut," pinta Victor.

Ke depan, penandatanganan integrated CJS ini menjadi modal utama kita dalam penegakan hukum, serta menjaga keamanan dan kekondusifan Kota Binjai. Intinya kita semua sepakat mengawal Pemilu 2019.

Dikesempatan yang sama, Kapolres Binjai, AKBP Donald P Simanjuntak, merasa bangga dengan terselenggaranya MoU integretad CJS tersebut. Kegiatan ini sangat perlu dilakukan, mengingat saat ini kemajuan teknologi sangat pesat, masyarakat sudah lebih cerdas.

"Kita berharap komunikasi dan koordinasi yang sudah terjalin selama ini antara seluruh pemangku kepentingan dapat kita pertahankan," harapnya. (Put)
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments