Usaha Pembakaran Alumunium Di Sedang Rejo Diprotes Warga








Binjai-Metrolangkatbinjai.com

Usaha pembakaran alumunium bekas yang dikelola oleh salah seorang Pengusaha berinisial SD, yang berada di Jalan Perintis Kemerdekaan, Dusun II Desa Sendang Rejo, Kecamatan Binjai, Kabupaten Langkat, sudah sejak lama diprotes oleh warga sekitar.

Protes warga dikarenakan asap pembakaran tersebut menyesakkan dada warga sekitar. Selain asap pembakaran tersebut, usaha milik SD yang juga memiliki usaha barang bekas (botot) ini, juga mencemari lingkungan udara di sekitar pemukiman warga sekitar.

Plt Kepala Desa Sendang Rejo, Sukadi, saat dikonfirmasi awak media di kantornya, Srlasa (2/10), membenarkan adanya protes warga tersebut. Dirinya mengatakan bahwa pihak Pengusaha (SD) sudah berjanji akan memindahkan lokasi pembakaran alumunium bekas ini ke tempat lain dalam waktu 3 bulan.

"Benar, karena sudah ada tanah (lokasi) pengganti usaha ini," ujarnya.

Keterangan yang diperoleh dari sumber warga sekitar yang namanya tidak ingin disebutkan, mereka sudah lama merasakan sesak nafas ketika dilakukan pembakaran alumunium tersebut oleh pekerja Pengusaha SD. Bahkan, warga sudah melaporkannya kepada pihak Kepala Desa dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Langkat.

"Pihak DLH serta Instansi terkait sudah turun meninjau lokasi usaha tersebut," kata sumber.

Sedangkan pihak Pengusaha SD, tambah sumber, sudah sempat mendapatkan Surat Rekomendasi Pengolahan Alumaniun di lokasi yang disoal warga ini dari Camat Binjai, Rizal Gunawan Gultom, dan disinyalir dijadikan bahan oleh oknum Pengusaha SD sebagai Izin.

"Padahal izin lengkap belum keluar dari Instansi terkait di Pemkab Langkat," tambah sumber.

Sedangkan si Pengusaha (SD), hingga kini belum berhasil dikonfirmasi. Para pekerjanya mengatakan SD sedang keluar. (Tim)


Show EmoticonHide Emoticon