Tim Kecabai Binaan Diskominfo Asahan Raih Juara Metra Petunra Provsu



Tim Kecabai Binaan Diskominfo Asahan

Asahan-Metrolangkatbinjai.com

Seiring waktu, grup-grup kesenian tradisional  saat ini semakin tertinggal dan terlupakan. Hal itu karena kemajuan ilmu pengetahuan dan era tekhnologi yang semakin canggih, selain itu turut tergerus dengan munculnya berbagai kesenian modern yang lebih mudah diakses oleh masyarakat.

Untuk menghidupkan dan mengembangkan kembali kebudayaan tradisional tersebut di tengah-tengah masyarakat, Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) melakukan pembinaan kesenian tradisional sebagai upaya melestarikan budaya yang sudah hampir terlupakan.

Bentuk kepedulian dan keseriusan pembinaan kesenian tradisonal itu ditunjukkan Pemerintah Kabupaten dengan membina tim kesenian yang diberi nama “Kecabai” dan tergabung dalam Media Tradisonal Pertunjukan Rakyat (Metra Pertunra).

Hasilnya, tim Kecabai binaan Diskominfo Asahan tersebut mampu membuktikan dan menunjukkan kualitasnya pada ajang kesenian tradisional Metra Petunra tahun 2018 tingkat provinsi Sumatera Utara yang diikuti oleh seluruh perwakilan Kabupaten/Kota di Sumatera Utara, Selasa (16/10) bertempat di Gelanggang Mahasiswa Kampus USU Medan.

Dengan menampilkan tema berlakon “Lubuk Emas” tim Metra Petunra Kecabai binaan Diskominfo Asahan yang disutradarai oleh  Mahzailuddin, mampu mencuri perhatian dan memikat hati para dewan juri pada pentas pagelaran lomba Metra Petunra tingkat Provinsi Sumatera dengan meraih predikat juara ke 3 dari 15 kelompok kesenian tradisional yang ikut ambil bagian dalam perlombaan Metra Petunra tersebut.

Menanggapi hasil prestasi juara yang diperoleh tersebut, Bupati Asahan Drs H Taufan Gama Simatupang MAP, melalui juru bicara Pemkab Asahan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi H Rahmad Hidayat Siregar S.sos M,si, merasa bersyukur atas raihan yang telah dicapai tersebut.

“Alhamdulillah, kita patut bersyukur dan beri apresiasi kepada para adik-adik yang telah bertanding dan memberikan hasil yang terbaik dengan membawa harum nama Pemerintah Kabupaten Asahan di ajang Metra Petunra tingkat Provinsi Sumatera Utara," jelas Kadis.

Lebih lanjut Rahmad menambahkan, hasil juara tersebut tidak terlepas dari penampilan yang cukup apik dari Putri Nurul Hakiki dkk yang mampu menginterprestasikan lakon yang menceritakan tentang kisah cinta dari seorang Putri dari Kerajaan Teluk Dalam yang berada di wilayah Kabupaten  Asahan.

“Dengan keberhasilan tim grup kesenian kecabai meraih juara, diharapkan dapat memacu kelompok Media Tradisional untuk melestarikan dan mengembangkan serta menumbuhkan kembali kebudayaan kesenian tradisional. Kita berharap kedepan Pemerintah Kabupaten Asahan dapat memperhatikan kesenian kebudayaan tradisional dengan memberikan porsi anggaran, agar kebudayaan daerah dapat kembali dilestarikan," sambungnya.

Sementara itu, koordinator kelompok  Budi Hardiansyah merasa sangat bersyukur dan gembira atas keberhasilan dan kerja keras yang diperoleh oleh grup kecabai Metra Petunra tersebut. keberhasilan itu tidak terlepas berkat dukungan masyarakat Asahan dan semua pihak yang telah mendukungnya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat baik dari tingkat Desa, Kecamatan maupun masyarakat yang telah mendukung FK Metra “Kecabai”. Terlebih khususnya kepada Dinas Kominfo Kabupaten Asahan, dibawah kepemimpinan Rahmat Hidayat Siregar, S.Sos, M.Si melalui Kabid Komunikasi Media Cetak dan Elektronik Arbin Ariadi Tanjung SE, yang telah membina dan memfasilitasi Kelompok ini sehingga dapat mengikuti dan mendapat peringkat ketiga dalam ajang yang cukup bergengsi di Sumatera Utara," cap Budi. (Dep)
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments