Sistem Manajemen K3 Diterapkan BPJS-TK Untuk Melindungi Pekerja



Metrolangkatbinjai.com

BPJS Ketenagakerjaan Cabang Binjai, melaksanakan kegiatan Sharing Session peyelesaian kasus kecelakaan kerja penyakit akibat kerja dan pelaksanaan sistem manajemen K3, di Hotel  Four Points BY Sheraton Jalan Gatot Subroto No 395, Sei Siskambing D, Kecamatan Helvetia, Kota Medan.

Kegiatan dihadiri sekitar 35 Perusahaan Peserta BPJS Ketenagakerjaan dan 16 Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK) bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan. Kegiatan dibuka langsung Deputi Direktur BPJS - TK Sumatra Utara, Umardin Lubis. 

Dalam sambutannya, Umardin menyampaikan pentingnya pelaksana kegiatan sharing session seperti dilaksanakan saat ini.

Saat dikonfirmasi awak media, Selasa (30/10), kepala Kantor Cabang Binjai, Tengku M Haris Sambi Sinar, selaku penanggungjawab kegiatan ini menyampaikan, kegiatan tersebut dilaksanakan dikarenakan masih jarangnya klaim kasus PAK (Penyakit Akibat Kerja) serta masih banyaknya perusahaan yang belum paham perihal penyakit akibat kerja.

"Komitmen BPJS Tenaga Kerjaan, bahwa BPJS - TK hadir bukan hanya menanggung resiko kecelakaan kerja, tapi juga berperan aktif dalam mendukung "Zero Accident" salah satunya melalui sosialisasi pelaksanaan SMK3," ujar TM Haris Sambi Sinar.

Dalam kegiatan hadir juga Kabid Perlindungan tenaga kerjaan Disnaker Provinsi Sumut, Fransisco Bangun SH MH yang menyampaikan materi mengenai, Sistem Manajemen Keselamatan & Kecelakaan Kerja (SMK3) dalam hal ini menekankan perlu dan pentingnya setiap perusahaan menerapkan SMK3.

Turut hadir dokter penasihat BPJS Ketenagakerjaan, dr Richard Harianja memberikan materi terkait PAK (Penyakit Akibat Kerja). Dijelaskan, PAK adalah semua kelainan penyakit disebabkan lingkungan kerja/ pekerjaan.

Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan simbolis penyerahan klaim kepada tenaga kerja dan ahli waris sebesar sekitar Rp 883.287.891, mencakup santunan kecelakaan kerja, santunan kematian, santunan meninggal mendadak di tempat kerja dan Beasiswa kepada ahli waris.

Salah seorang pengusaha warga Binjai, Br Bangun saat diwawancarai media via telepon selular mengatakan, bangga bergabung ke BPJS–TK.

“Karena begitu mendaftarkan usaha ke Kantor BPJS Tenagakerjaaan Cabang Binjai, pihaknya langsung disambut baik oleh security dan diarahkan langsung ke bagian terkait, serta senang dan bangga kami dengan layanannya begitu ramah tamah pegawai, yang kami temui di Kantor BPJS Tenagakerjaan Kota Binjai,” ujarnya. (Put)
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments