Potensi Zakat Di Binjai Belum Optimal




Binjai-Metrolangkatbinjai.com

Walikota Binjai HM Idaham SH MSi, meminta pimpinan OPD menghimbau Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menunaikan pembayaran zakat melalui Unit Pelayanan Zakat (UPZ) yang ada di instansinya.

Walikota diwakili Asisten bidang pemerintahan Otto Harianto, ketika membuka sosialisasi tugas dan fungsi Unit Pelayanan Zakat di OPD Pemko Binjai, Selasa (16/10), di Aula Pemko Binjai mengatakan pembayaran zakat ASN disesuaikan dengan Undang-undang dan Peraturan Pemerintah guna memanfaatkan dana zakat untuk kepentingan umat.

”Saya minta pimpinan OPD mengoptimalkan  dan memberi penjelasan tentang kewajiban zakat kepada ASN yang beragama islam,” ujar Otto, membacakan sambutan tertulis walikota.

HM Idaham juga mengingatkan perlunya terus dilakukan sosialisasi agar kepercayaan masyarakat semakin meningkat untuk mengeluarkan zakatnya pada Badan Amil Zakat Nasional. Dengan adanya kepercayaan umat, maka dana zakat yang terkumpul dapat dimanfaatkan untuk membantu perekonomian rakyat.

Ketua Baznas Binjai Ansyarullah menjelaskan, potensi zakat dari ASN di Kota Binjai sangat potensial dan diperhitungkan mencapai miliaran.

“Yang hanya dapat terkumpul di tahun pertama ini berkisar Rp 300 juta,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua MUI Kota Binjai HM Jamil dalam sosialisasi menegaskan pentingnya  kewajiban menunaikan zakat oleh ASN sesuai ketentuan yang berlaku. Dana zakat yang terkumpulkan di Baznas sangat diperlukan umat, terutama kaum Dhuafa  sehingga di Binjai tidak lagi ada masyarakat miskin.

Dari 43 OPD di lingkungan Pemko Binjai, baru 24 yang sudah terbentuk UPZ.

“Oleh sebab itu kita berusaha mengoptimalkan pengumpulan zakat guna membantu  kaum dhuafa, membangkitkan perekonomian umat dan membantu siswa, mahasiswa serta rumah ibadah yang semuanya merupakan amal jariah ASN,” ujar Wakil ketua  Baznas Binjai Akhyar AR, didampingi pengurus lainnya antara lain H Khudri Kamil, H. Khariul Badri dan Syafriansyah. (Put)
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments