Poldasu Kirim Tenaga Medis Dan Ahli Psikologi Untuk Lakukan Trauma Healing Di Madina



Foto ilustrasi Net

Metrolangkatbinjai.com

Trauma dalam istilah psikologis menunjukkan kondisi yang syok dan tertekan oleh suatu peristiwa yang membekas relatif lama pada korban. Beberapa kondisi yang dapat potensial menjadi peristiwa traumatis antara lain bencana, menjadi korban kriminal, kehilangan orang yang dicintai dan kehilangan harta benda.

Peristiwa traumatis dapat terjadi pada saat bencana terjadi hingga bencana telah berlalu, atau dalam kondisi terakhir ini yang disebut Post Traumaticstress Disorder.

Seperti bencana yang terjadi di Mandailing Natal (Madina) beberapa waktu lalu. Warga sekitar, khususnya anak anak korban bencana itu, tentunya mengalami Syok atau Trauma. Untuk itu mereka harus mengikuti Trauma Healing.

Seperti yang dilakukan oleh Polda Sumatera Utara. Mereka mengirim tim yang terdiri dari dokter dan ahli psikologi ke Mandailing Natal.

Dilansir dari RMOLSumut.com, Tim ini nantinya akan bertugas membantu perawatan kesehatan para korban bencana banjir bandang dan juga untuk melakukan trauma healing kepada masyarakat.

"Tim sudah berangkat dan bekerja sejak satu hari pasca bencana. Diharapkan, trauma warga dan anak anak dapat disembuhkan pasca bencana," kata Kapolda Sumut, Brigjen Pol Agus Andrianto, Senin (15/10).

Tidak hanya itu, dirinya juga memerintahkan kepada Polres wilayah setempat dan Personil yang BKO ke lokasi bencana untuk aktif membantu dan mendirikan posko bagi warga yang terkena banjir bandang.

Selain mengirim personil, Agus juga mengirim bantuan sembako seperti beras, minyak, mie instan dan sembako lainnya untuk disalurkan.

Untuk diketahui, Trauma Healing adalah suatu kegiatan atau tindakan yang dilakukan untuk mengurangi atau menghilangkan trauma yang ada.

Trauma Healing juga merupakan suatu tindakan yang dilakukan untuk membantu orang lain yang sedang mengalami gangguan dalam psikologisnya yang diakibatkan syok atau trauma, serta membantu orang lain untuk mengurangi bahkan menghilangkan gangguan psikologis yang sedang dialami yang diakibatkan syok atau trauma. (Put)
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments