logo

Pemko Binjai Gelar Rapat Persiapan Seleksi Penerimaan CPNS 2018




Binjai-Metrolangkatbinjai.com

Demi menjamin pelaksanaan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 di Kota Binjai berjalan lancar, Pemerintah Kota (Pemko) Binjai dalam hal ini Badan Kepegawaian Daerah (BKD) menggelar rapat awal persiapan seleksi penerimaan CPNS, dengan mengundang jajaran OPD, pihak kepolisian, dan kejaksaan, bertempat di Aula Balaikota Binjai, Kamis (4/10).

Kepala BKD Kota Binjai, Amir Hamzah, saat membuka rapat menegaskan bahwa pelaksanaan formasi seleksi CPNS tahun 2018 dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Hampir seluruh kabupaten/kota mendapatkan formasi penerimaan CPNS sesuai dengan kebutuhan daerah masing-masing.

"Untuk Kota Binjai tahun 2018 mendapatkan sebanyak 92 formasi, terdiri dari formasi khusus sebanyak 3 orang, formasi umum tenaga guru sebanyak 68 orang, dan tenaga teknis 21 orang," tegas Amir.

Dijelaskannnya, tahun ini formasi CPNS terbagi dua formasi, pertama formasi umum, dan formasi khusus dibagi ke dalam empat kelompok, diantaranya, disabilitas, atlet berprestasi tingkat nasional, mahasiswa cum laude, dan tenaga honorer K2 yang tertinggal.

"Saat ini tenaga honorer K2 kita berjumlah 82 orang yang telah mengikuti ujian tahun 2014, namun yang memenuhi syarat untuk mengikuti seleksi ujian CPNS tahun 2018 hanya berjumlah 3 orang saja, selebihnya tidak dapat mengikuti seleksi dikarenakan faktor usia yang telah melebihi 35 tahun, dan faktor pendidikan yang tidak memenuhi persyaratan," ungkap Amir Hamzah.

Amir menambahkan, bahwa telah terjadi perubahan jadwal, diantaranya jadwal pendaftaran yang awalnya dimulai 26 September sampai 10 Oktober diperpanjang sampai 15 Oktober, seleksi administrasi 28 September sampai 20 Oktober, pengumuman kelulusan seleksi administrasi 21 Oktober, penjadwalan pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) 21 Oktober sampai 25 Oktober.

Pelaksanaan SKD 26 Oktober sampai 17 November, pelaksanaan seleksi kompetensi bidang (SKB) 22 November sampai 28 November, penggabungan SKD dan SKB 29 November sampai 1 Desember, dan pengumuman akhir 3 Desember.

"Kami memohon kepada pihak kepolisian dan kejaksaan untuk mengawal pengamanan saat berlangsungnya seleksi CPNS, kepada pihak PLN diundang untuk mengantisipasi masalah pemadaman saat pelaksanaan ujian, agar pelaksanaan CPNS tahun 2018 di Kota Binjai berjalan aman, lancar, dan kondusif," harap Amir Hamzah.

Adapun tempat yang akan digunakan oleh para peserta ujian nantinya direncanakan di lima tempat, yaitu SMP Negeri 1, SMP Negeri 2, SMP Negeri 5, SMP Negeri 6, dan SMP Negeri 11 Binjai.

"Ujian menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Pelaksanaan ujian akan dilaksanakan di sekolah memakai ruangan komputer, sehingga tidak mengganggu proses belajar mengajar," kata Amir.

Menanggapi hal itu, Sekdako Binjai, M Mahfullah P Daulay, mengatakan rapat ini merupakan tahap awal yang digelar untuk persiapan seleksi CPNS tahun 2018 di Kota Binjai.

"Sekolah yang akan digunakan sebagai tempat ujian, Kepala Sekolahnya kita undang guna melaporkan jumlah perangkat komputer dan laptop yang dapat dipakai peserta ujian CPNS nantinya. Pemko akan utamakan kenyamanan para peserta ujian," ucap Sekda.

Diungkapkan Sekda, melihat secara umum persiapan pelaksanaan seleksi CPNS tahun 2018 di Kota Binjai sudah matang, 14 hari sebelum pelaksanaan, persiapan sudah harus matang.

Nantinya kita akan berkoordinasi dengan PLN dan Telkom, guna memastikan pelaksanaan seleksi CPNS tahun 2018 berjalan lancar. (Put)

Tags

advertisement centil

Metrolangkatbinjai.com - merupakan media informasi terupdate seputaran kabupaten langkat, dan selalu memberikan informasi-informasi yang menarik setiap harinya.