logo

Pemkab Asahan Gelar Pertemuan Sosialisasi Kabupaten Sehat




Asahan-Metrolangkatbinjai.com

Pemerintah Kabupaten Asahan menggelar pelaksanaan pertemuan sosialisasi Kabupaten Sehat tahun 2018. Sosialisasi diberikan guna menambah wawasan dan pemahaman, persepsi dan arah kebijakan terhadap tim pembina dan Forum Kabupaten Asahan, dalam mengimplementasikan terwujudnya Kabupaten Sehat.

Bupati Asahan Drs H Taufan Gama Simatupang MAP, dalam sambutannya di wakili Asisten 2 bidang Ekonomi dan Pembangunan Drs H Jhon Hardi,M.si mengatakan, bahwa kegiatan dilaksanakan peraturan bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 34 tahun 2005.

“Sosialisasi Kabupaten Sehat adalah merupakan dimana suatu kondisi Kabupaten/Kota yang dinyatakan bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni oleh penduduk. Pencapaian ini diperoleh melalui terselenggaranya beberapa penerapan tatanan, yang kegiatannya terintegrasi dan disepakati oleh masyarakat dan Pemerintah Daerah," kata Jhon Hardi, di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, Rabu (2/10).

Pada pelaksanaan kegiatan tersebut, telah terbentuk tim pembina Kabupaten Sehat dengan nomor 240/Dinkes tahun 2018, yang ditanda tangani oleh Bupati Asahan Drs H Taufan Gama Simatupang MAP, pada  2 Oktober 2018.

Bahwa Kabupaten Sehat itu memiliki capaian untuk mewujudkan mutu lingkungan hidup yang lebih sehat. Salah satu kegiatan pokoknya adalah dengan melakukan pengembangan wilayah sehat.

"Juga melakukan langkah antisipasi untuk meningkatkan kualitas lingkungan fisik dan sosial di Kabupaten Asahan," sambung Jhon.

Masih menurut Jhon hardi, tujuan dan sasaran  sosialisasi Kabupaten Sehat adalah agar tercapainya kondisi Kabupaten yang bersih, nyaman dan sehat untuk dihuni oleh masyarakat. Harapannya, tim pembina Kabupaten Asahan dan Tim Forum Masyarakat Kabupaten Asahan Sehat dapat  terbentuk sebanyak 127 orang, sebagai penggerak pelaksana kegiatan yang akan dilaksanakan.

Sambung Jhon, dimana saat ini ada 9 tatanan Kabupaten/Kota sehat dengan tatanan sesuai kondisi spesifik daerah setiap Kabupaten/Kota, sekurang-kurangnya memiliki 2 tatanan.

Untuk Kabupaten Asahan sendiri telah mencukupi 2 tatanan sesuai dengan visi-misi Pemerintah Kabupaten Asahan. Adapun tatanan yang dimiliki oleh Kabupaten Asahan tersebut yang pertama adalah Kehidupan Masyarakat Sehat yang Mandiri, dan yang kedua adalah Kehidupan sosial yang Sehat.

"Dimana setiap 2 tahun sekali, Kabupaten/Kota Sehat yang memenuhi kriteria, akan ditetapkan dan diberi penghargaan berupa “SWASTI SABA," terang Jhon Hardi. (Pram)

Tags

advertisement centil

Metrolangkatbinjai.com - merupakan media informasi terupdate seputaran kabupaten langkat, dan selalu memberikan informasi-informasi yang menarik setiap harinya.