Para Janda Veteran Merasakan Manfaat Dari TMMD Kodim 0203/Langkat




Langkat-metrolangkatbinjai.com

Seorang janda Veteran Kemerdekaan RI yang bernama Sa'odah, kini bisa tersenyum sumringah. Hal itu karena rumahnya yang dulu gubuk dan berdinding papan, kini telah berganti batu.

Perubahan drastis pada rumah milik warga Dusun VI Pekan, Desa Palu Pakeh, Kecamatan Batang Serangan, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara ini, bukan tanpa sebab.

Di program TMMD ke-103 ini, Kodim 0203/Lkt melaksanakan beragam pembangunan infrastruktur, khususnya di lokasi sasaran fisik yang ada di dua Desa, yakni Desa Paluh Pakeh, Kecamatan Batang Serangan dan Desa Mekar Jaya, Kecamatan Wampu.

Inilah salah satu manfaat yang ditimbulkan dari pelaksanaan Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 Kodim 0203/Langkat, yang saat ini masih tahap Pra.

“Alhamdulilah, saya sangat berterima kasih sekali kepada Dandim 0203/Lkt yang telah merehab gubuk tempat tinggal saya ini, semoga saja apa yang telah dikerjakan bapak-bapak Tentara, ada balasannya dari Allah SWT,” ucap ibu Sa'odah, Sabtu (13/10).

Program TMMD ke-103 Kodim 0203/Lkt ini memang dimaksudkan untuk mensejahterakan kehidupan masyarakat dan mewujudkan pembangunan merata di wilayah terpencil.

Adapun sasaran fisik yang dikerjakan meliputi Rehab Musholla Al-Jihad di Dusun VII Berseri, Desa Paluh Pakeh, Kecamatan Batang Serangan. Rehab rumah janda veteran, Ibu Saodah, di Dusun VI Pekan, Desa Palu Pakeh, Kecamatan Batang Serangan. Rehab TPA Ar-Ridho sebanyak 2 lokal di Dusun VI Pekan, Desa Palu Pakeh, Kecamatan Batang Serangan.

Selanjutnya, Pembuatan Pos Kamling ukuran 3 x 2 meter di Dusun VI Pekan, Desa Palu Pakeh, Kecamatan Batang Serangan. Rehab Masjid Al-Waqiah di Dusun III Benteng, Desa Palu Pakeh, Kecamatan Batang Serangan. Pembentukan dan perbaikan badan jalan sepanjang 5.000 x 6 meter di Desa Palu Pakeh, Kecamatan Batang Serangan. Pembuatan jembatan beton ukuran 10 x 5 meter di Dusun I, Desa Palu Pakeh, Kecamatan Batang Serangan. Rehab TPA Al-Zadtin Anhar sebanyak 3 lokal di Dusun VIII, Desa Mekar Jaya, Kecamata Wampu. Rehab Masjid Baiturrahman di Dusun VIII, Desa Mekar Jaya, Kecamatan Wampu. Pembuatan Pos Kamling ukuran 3 x 2 meter di Desa Palu Pakeh, Kecamatan Wampu. Rehab Musholla Al Jihad di Dusun VII Berseri, Desa Paluh Pakeh, Kecamatan Batang Serangan.

Meskipun saat ini kondisi cuaca cukup ekstrim dengan curah hujan tinggi disertai angin kencang, namun personel Satgas TMMD ke-103 Kodim 0203/Langkat terus memacu progres pekerjaan.

“Tak ada istilah kata stop bagi prajurit TNI untuk menuntaskan fasilitas yang akan dimanfaatkan oleh ribuan masyarakat. Karena dengan adanya TMMD di kampung ini, maka perekonomian masyarakat akan bangkit,“ ungkap Komandan Kodim (Dandim) 0203/Lkt, Letkol Inf Deni Eka Gustiana, dalam sebuah kesempatan.

Berdasarkan amatan awak media bahwa kampung yang sudah lama tidak pernah menikmati fasilitas memadai seperti layaknya masyarakat perkotaan itu, kini sudah mulai bergembira sekali, setelah Komandan Kodim 0203/Lkt Letkol Inf Deni Eka Gustiana membangun beberapa infrastruktur di wilayah terisolir itu.

Dandim menyebutkan, bahwa TNI ditugaskan dari Komando Atas untuk membangun infrastruktur di daerah terisolir ini bersama Pemda setempat agar meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Untuk itu, sebagai Dansatgas TMMD ke-103 Kodim 0203/Lkt, Letkol Inf Deni Eka Gustiana berharap apa yang telah diberikan pemerintah, dalam hal ini TNI agar bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya dan dirawat. (Put)


Show EmoticonHide Emoticon