Menggali Potensi Daerah, Bapenda Asahan Berikan Penyuluhan Pajak Daerah



Bapenda Asahan berikan Penyuluhan tentang Pajak Daerah

Asahan-Metrolangkatbinjai.com

Untuk menggali potensi  sekaligus mendorong masyarakat agar mau dan patuh melakukan  pembayaran Pajak Daerah, Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) memberikan sosialisasi berupa Penyuluhan Pajak, khususnya terkait tentang Pajak Bumi dan Bangunan yang berada di Sektor Pedesaan Dan Perkotaan (PBB-P2).

Penyampaian penjelasan tersebut di sampaikan Kepala Bapenda Asahan Drs H Mahendra, melalui Kepala Bidang Pendaftaran dan Pendataan Apriadi, Kamis (25/10) di Kisaran.

“Ya, semalam Kita melaksanakan kegiatan pemberian penyuluhan tentang Pajak Daerah  yang meliputi Pajak Hotel, Pajak Rumah Makan, Pajak Parkir, Pajak Bahan Galian C, dan terutama khususnya  pajak PBB-P2 sebagai dominan sumber Pendapatan Daerah. Sosialisasi tersebut kita berikan kepada para Kepala Desa, para kolektor PBB, para Kepala Dusun dan masyarakat di Kecamatan Rahuning," terang Apriadi.

Dalam penyuluhan tersebut, dirinya juga menyampaikan kepada para Peserta sosialisasi dan masyarakat agar dapat melakukan kewajiban pembayaran pajak PBB-P2 tepat pada waktunya dan jangan sampai menunggak Pajak. Sebab, Pajak PBB-P2 adalah merupakan modal untuk kelangsungan dan kemajuan pembangunan di daerah demi kesejahteraan masyarakat bersama.

Apriadi juga memberikan pembinaan kepada para petugas Kolektor, bagaimana tata cara untuk mengatasi penyelesaian masalah PBB yang terjadi dilapangan akibat tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya dilapangan.

Sebab, terkadang menurutnya, saat petugas bekerja ada kendala dilapangan, misalnya seperti ada  nama wajib Pajak pada SPPT, yang tidak sesuai atau sudah berubah kepemilikkan, adanya Double ketetapan, penghapusan, serta keberatan atas ketetapan PBB terhutang.

Maka dalam kegiatan penyuluhan tersebut, Apriadi memberikan pembinaan dan pemahaman kepada para Petugas untuk mengatasi hal tersebut.

"Hal itu agar masyarakat mau melakukan pembayaran Pajak dan tidak terjadi penunggak Pajak di tengah-tengah masyarakat," jelas Apriadi.

Pembukaan sosialisasi penyuluhan tentang Pajak Daerah, khususnya Pajak Bumi dan Bangunan di sektor Pedesaan dan Perkotaan tersebut, pembukaanya di buka  langsung oleh Camat, Rahuning Syahputra SE. (Dep)
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments