KPU Langkat Deklarasi Gerakan MelindungI Hak Pilih (GMHP)



Ketua KPU Agus Arifin didamping Komisioner KPU dan perwakilan Partai Politik membacakan deklarasi GMHP

Langkat-Metrolangkatbinjai.com

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Langkat gelar deklarasi gerakan melindungi hak pilih (GMHP). Kegiatan dipusatkan dihalaman kantor KPU Langkat, Jalan Putra Abdul Azis (Komplek perkantoran Bupati Langkat), Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat, Rabu (17/10).

Sekertaris KPU Kabupaten Langkat, Zainul Arifin dalam laporanya menyebutkan,  deklarasi yang digelar untuk memastikan kepada seluruh masyarakat apakah sudah masuk dalam hak pilih atau belum.

"Pengecekan sebagai pemilih dapat dilakukan ditingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa masing-masing," kata Sekertaris.

Selain melakukan pengecekan secara langsung disetiap Desa atau Kecamatan, jelasnya, bagi masyarakat juga dapat melakukan pengecekan di sistem pendataan pemilih (Sidalih).

"Aplikasi ini dapat di download masing-masing Handphone," ucapnya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Ketua KPU Langkat Agus Arifin, dalam sambutanya mengatakan, acara merupakan petunjuk KPU RI, perihal melindungi hak pilih yang dilakukan secara serentak.

Agus juga menegaskan bahwa kegiatan yang dilaksanakan merupakan mensosialisasikan gerakan hak pilih, munculnya GNHP, dilatar belakangi rapat pleno terbuka di KPU RI 18 september 2018, sebelumnya rapat pleno terbuka di tingkat Kabupaten/ Kota.

Lebih lanjut Agus mengatakan, DPT hasil perbaikan pertama disepakati oleh seluruh unsur Partai Politik, dan meminta agar KPU RI memperpanjang DPT HP 1 diperpanjang sejak 18 September hingga 18 November.

"Disamping itu bertujuan untuk memastikan agar setiap warga negara yang memenuhi syarat akan melindungi untuk mengggunakan hak pilihnya," kata ketua KPU.

Dirinya menjelaskan, sebagai perpanjangan atau tindak lanjutnya, KPU membuka posko layanan pemilih GMHP di Kabupaten dan seluruh Kecamatan di PPK serta juga membukan di PPS ditingkat Desa dan Kelurahan.

"Nantinya diharapkan dapat berguna untuk menerima masukan dan tanggapan dari masyarakat dalam arti yang luas baik itu parpol dan lainnya," tutur Agus.

Dipenghujung acara dilaksanakan pembacaan Deklarasi GMHP bersama yang dipimpin langsung oleh Ketua KPU Langkat Agus Arifin diikuti oleh komisioner KPU, dan perwakilan partai politik peserta pemilu. (Put)
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments