Ketua TP PKK Buka Pelatihan Serta Pengukuhan Bank Sampah




Ketua TP PKK Kota Binjai menyerahkan bantuan kepada kelompok Bank sampah yang baru dikukuhkan

Binjai-Metrolangkatbinjai.com

Kegiatan PKK merupakan bagian dari pembangunan Nasional dan berkelanjutan selaras dengan dinamika pembangunan. Gerakan PKK antara lain memberdayakan keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejati, lahir dan batin.

"Tujuan Bank sampah yaitu dari paradigma 'kumpul-angkut-buang' menjadi pengelolaan yang bertumpu pada pengurangan sampah dan penanganan sampah," tegas Ketua TP PKK Kota Binjai, Hj Lisa Andriani Idaham, saat membuka pelatihan Bank sampah yang dirangkaikan dengan pengukuhan Bank sampah, bertempat di Aula Dinas Kesehatan Kota Binjai, Selasa (30/10).

Dikatakan Lisa, pelatihan Bank sampah merupakan salah satu program kerja dari Pokja III TP PKK Kota Binjai tahun 2018, yang difasilitasi oleh Pemko Binjai melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) selaku anggota pembina PKK.

Kegiatan pengurangan sampah bermakna agar seluruh lapisan masyarakat, baik Pemerintah, dunia usaha, maupun masyarakat luas, mampu melaksanakan kegiatan pembatasan timbunan sampah, daur ulang, dan pemanfaatan kembali sampah.

"Dikesempatan ini saya mengajak kita semua, baik kelompok terkecil yaitu keluarga, untuk tidak menganggap sepele terhadap sampah, mari kita coba mengolah sampah agar bermanfaat dan dapat menambah pendapatan keluarga,"  pinta Lisa.

Kepada PKK kecamatan dan kelurahan, Lisa berpesan agar dapat membentuk dan melaksanakan kegiatan Bank sampah di wilayah nya masing-masing, dengan dukungan camat dan lurah, serta bekerja sama dengan kelompok PKK lingkungan, Dasawisma, lansia, karang taruna, PIK R, kelompok pemuda dan lainnya.

"Kita sangat memperhatikan para pelaku UKM, keberadaan PKK di masyarakat sangat diperlukan untuk kesejahteraan keluarga," ucapnya.

Bank Sampah Asobsi, Iskandarsyah, mengungkapkan bahwa misi dari Bank sampah yakni meningkatkan kualitas anggota, melaksanakan pengelolaan sampah, meningkatkan kerjasama dengan pemerintah.

Tujuannya, membangun kerja sama dengan Pemerintah, melakukan pembinaan, dan meningkatkan kualitas anggota, memberi saran kepada Pemerintah tentang pengelolaan Bank sampah, memberikan edukasi kepada masyarakat dalam meningkatkan Bank sampah.

Dimana Bank sampah merupakan mitra kerja dari Pemerintah, yang diharapkan mampu membangun kemitraan dengan lingkungan hidup dalam memberikan solusi aksi nyata masalah sampah. Mendorong dan mendampingi Pemerintah Daerah untuk membentuk Bank sampah, membantu dan membimbing Bank sampah, membantu penyelesaian permasalahan sampah, dan mendorong regulasi kondusif dalam pengelolaan Bank sampah.

"Di Binjai telah dibentuk dan dikukuhkan Bank sampah, kami berharap Kepala Dinas DLH selalu memberikan dukungan, dan mampu bekerja sesuai dengan visi dan misinya," harap Iskandarsyah.

Menambahkan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Binjai dr T Amri Fadli, menegaskan bahwa keberadaan Bank sampah bertujuan menjadi salah satu strategi membangun ekonomi masyarakat, dimana manfaatnya langsung dirasa masyarakat, tidak hanya di bidang ekonomi, tetapi kenyamanan masyarakat, dan terciptanya lingkungan yang bersih.

"Saya menghimbau kepada masyarakat untuk peduli kepada sampah, karena merubah pola pikir masyarakat bukanlah hal yang mudah, maka pelatihan ini sangat dibutuhkan,"  ungkapnya. (Put)
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments