Ketua TP PKK Asahan : Program CTPS Merupakan Budaya Hidup Bersih Menuju Generasi Sehat



Ketua TP PKK Kabupaten Asahan Hj Winda Fitrika Taufan Gama dan Sekda Asahan hadiri peringatan CTPS

Asahan-Metrolangkatbinjai.com

Program Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) adalah merupakan budaya dan prilaku hidup bersih. Apabila aktifitas dan rutinitas tersebut dilakukan secara terus menerus akan terwujud generasi yang sehat.

Maksud itu disampaikan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejateran Keluarga (TP PKk) Kabupaten Asahan Hj Winda Fitrika Taufan Gama, dalam rangka memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia, Selasa (16/10), di Sekolah Ibtidaiyah Daar Al Ulum dan SD 4 Selawan Kisaran.

“Progran pelaksanaan kegiatan Cuci Tangan Pakai Sabun jangan hanya sekedar dijadikan sebagai kegiatan seremonial saja, akan tetapi harus menjadi kegiatan rutinitas dalam memulai aktifitas agar dapat terwujud generasi yang sehat," ucap winda.

Sementara itu, Bupati Asahan Drs H Taufan Gama Simatupang MAP diwakil Sekda Taufik ZA Siregar  dalam acara CTPS sedunia, dihadapan Kadis Kominfo, Kadis Kesehatan, Kadis Pendidikkan serta ratusan siswa mengatakan agar masyarakat dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya CTPS.

‘Saya minta masyarakat untuk lebih meningkatkan kesadaran akan pentingnya Cuci Tangan Pakai Sabun dalam kehidupan kita sehari-hari. Sebab hal itu merupakan sebagai bagian dari budaya bersih dan sehat bagi masyarakat Asahan," ujar Sekda.

Selanjutnya, Sekda menyampaikan CTPS merupakan perilaku sehat yang telah terbukti secara ilmiah dapat mencegah penyebaran bibit-bibit penyakit menular, seperti cacingan, diare, ISPA, flu burung serta penyakit menular lainnya.

Masih menurutnya, dalam melakukan aktifitas yang bersentuhan langsung dengan makanan, Sekda Taufik meminta kepada para anak-anak didik sekolah serta masyarakat agar dapat membiasakan hidup bersih dan sehat dengan melakukan CTPS.

"Ini saya harapkan agar resiko menularnya berbagai bibit penyakit maupun virus, bakteri dan telur cacing dapat dihindarkan dengan aktifitas CTPS," harap Sekda mengakhiri sambutannya. (Dep)
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments