Kemampuan Jasmani Personel Korem 022/PT Diukur Melalui Tes Samapta Periodik




P.Siantar-Metrolangkatbinjai.com

Personel Makorem 022/PT melaksanakan Tes Samapta/Kesegaran Jasmani (Garjas) Periodik II Tahun 2018, bertempat di lapangan Makorem 022/PT, jalan Asahan KM 3.5 Pematangsiantar, Rabu (24/10).

Pelaksanaan Garjas Periodik II yang diikuti oleh 187 anggota militer dan PNS ini bertujuan untuk membina dan meningkatkan kemampuan prajurit dan PNS jajaran Korem 022/PT, guna menunjang pelaksanaan tugas pokok satuan, diharapkan melalui Tes Garjas Periodik ini kita dapat mengukur dan mengetahui kemampuan jasmani prajurit maupun PNS setiap 6 bulan sekali, apakah meningkat atau sebaliknya menurun.

Adapun materi Tes meliputi Garjas “A” yaitu lari jarak 3.200 meter dan Garjas “B” yaitu Pull Up, Sit Up, Push Up dan Shuttle Run dengan waktu masing-masing item 1 menit dilanjutkan Tes ketangkasan renang militer yaitu renang gaya dada dengan jarak 50 meter.

Sebelum tes dimulai, terlebih dahulu dilakukan pengecekan personel oleh Kajasrem  022/PT Kapten Inf Dedi Nasution, dalam penekanannya menyampaikan bahwa kegiatan ini jangan dianggap sebagai beban dan juga menganggap remeh walaupun kegiatan ini rutin kita lakukan secara terus menerus tiap saat, dan sudah banyak kejadian karena Samapta mengakibatkan korban personel, lebih baik mengulang hari berikutnya tapi aman.

Untuk itu, laksanakan Garjas ini dengan kesungguhan dan sesuaikan dengan kemampuan masing-masing personel serta perhatikan faktor keamanan sehingga dalam pelaksanaan Garjas bisa berjalan dengan sukses.

“Jadikan kegiatan ini sebagai acuan untuk mengukur dan mengetahui kemampuan jasmani seorang prajurit maupun PNS TNI AD dalam kurun waktu 6 bulan, apakah meningkat atau sebaliknya malah menurun” terang Kajasrem.

Pelaksanaan Test Garjas Periodik II tahun 2018 ini akan dilaksanakan selama 2 hari, yaitu tanggal 24 dan 25 Oktober 2018.

Dalam pelaksanaan Tes Garjas ini para prajurit dan PNS perorangan akan diambil data nilainya. Apabila ada prajurit maupun PNS yang belum mencapai nilai yang sudah ditetapkan dalam artian kategori lulus yaitu nilai 61, nantinya personel yang bersangkutan akan dibina dan diberikan pelatihan secara khusus sampai mencapai nilai yang diharapkan. (Put)
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments