Jokowi Terima Gelar, Muhri Fauzi Hafiz : Sultan Langkat Belum Memberikan Titah Ikut Dalam Kegiatan




Muhri Fauzi Hafiz (Nomor 2 dari kiri/memakai kacamata) 

medan-metrolangkatbinjai.com

Presiden Joko Widodo resmi dianugerahi gelar Tuanku Seri Indra Utama Junjungan Negeri oleh Kesultanan Deli, Minggu (7/10).

Sultan Deli XIV Sripaduka Baginda Tuanku Sultan Mahmud Arya Lamanjiji Perkasa Alam, di Daulat untuk meanugerahkan gelar tersebut. Gelar yang dianugerahkan merupakan gelar Kebangswanan Tertinggi di Kesultanan Deli.

Namun, isu yang berkembang, setidaknya ada 5 Sultan (Serdang, Asahan, Kualo/Kota Pinang, Tanjungbalai, Langkat), yang tidak hadir dalam acara  tersebut, dan belum diketahui penyebab tidak hadir (Kecuali Sultan Serdang yang sedang sakit).

Menyikapi hal itu, awak media mencoba konfirmasi salah seorang Warga Kesultanan dan juga Tokoh melayu Langkat, Muhri Fauzi Hafiz.

Menurut Muhri, seperti di jelaskan bahwa penganugerahan gelar tersebut diberikan oleh Kesultanan Deli.

"Sejauh ini Tuanku Sultan Langkat belum ada memberikan titah pada kami untuk ikut dalam kegiatan sebagai Warga Kesultanan," ucap Muhri.

Diberitakan sebelumnya, Sultan Deli didaulat melakukan prosesi penganugerahan gelar diawali dengan Pemasangan tengkuluk atau penutup kepala kepada Presiden Jokowi, kemudian penyematan Pin dan Keris kepada Presiden Jokowi serta penandatangan Surat Ceri. selanjutnya Prosesi tepung tawar, yang merupakan prosesi budaya Melayu.

Selain penganugerahan gelar Kesultanan pada Presiden Jokowi, acara tersebut juga bertujuan untuk memperkuat  pertalian suku dan Agama di Indonesia. (Put)


Show EmoticonHide Emoticon