Jaga Kesuburan Tanaman Padi, Babinsa Bantu Petani Melaksanakan Pemupukan





Metrolangkatbinjai.com

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 01/Sgl, Serda Irfan andi, bersama kelompok tani cipta mandiri dengan PPL, melaksanakan pendampingan pemupukan tanaman padi seluas 1 Ha milik seorang warga bernama Sugi, yang merupakan anggota Kelompok Tani Cipta Mandiri. Kegitan ini dilaksanakan dalam rangka perawatan tanaman padi di Desa Muliorejo, Kecamatan Suggal, Kabupaten Deliserdang, Rabu (31/10).

Tujuan pemupukan ini untuk memberikan kesuburan terhadap batang padi dan sebagai langkah proaktif dalam menanggulangi serangan hama tanaman padi. Sehingga diharapkan para petani melaksanakan pemupukan ini secara serentak, guna penanggulangan hama padi bisa berjalan dengan efektif.

Keikutsertaan Babinsa dalam membantu petani merupakan upaya khusus untuk mensukseskan program Swasembada Pangan yang akan terus dilakukan di wilayah Kodim 0204/Deli Serdang, khususnya di Koramil 01/Sgl, yang diwujudkan melalui pendampingan langsung membantu petani.

"Pendampingan ini kita mulai dari proses penanaman sampai panen,"ungkap Serda Irfan andi, beserta rekannya.

Sementara itu, Danramil 01/Sgl, Kapten Czi Januliston Damanik mengungkapkan, Budidaya padi sawah menjadi kegiatan rutin masyarakat yang tinggal di daerah pedesaan, khususnya mereka yang tinggal di dataran rendah.

"Seperti halnya masyarakat daerah kami yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani padi. Bagi para petani padi, khususnya petani padi sawah, tentu sudah tidak asing lagi dengan proses pemupukan padi," tegas Kapten Czi Januliston Damanik.

Lanjutnya, rata-rata mereka sudah paham bagaimana cara memupuk tanaman padi yang benar, berapa dosis pemupukan tanaman padi yang tepat, dan kapan jadwal pemupukan padi sawah yang tepat untuk dilakukan.

Meskipun demikian, banyak juga para petani padi yang belum begitu paham mengenai jadwal pemupukan tanaman padi sawah ini. Karena jika pemupukan tidak sesuai dengan aturan yang benar, maka tentu saja hal itu kurang baik untuk pertumbuhan padi.

“Jadwal pemupukan padi sawah ini memang harus diperhatikan oleh para petani padi agar nantinya pertumbuhan padi dapat berjalan dengan normal dan sesuai dengan apa yang diharapkan. Pemupukan padi ini biasanya dilakukan beberapa tahap, dari mulai padi berumur 1 minggu sampai dengan padi siap untuk panen,” kata Kapten Czi Januliston Damanik. (Put)
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments