Dua Pelajar SMA Tunas Pelita Harumkan Nama Kota Binjai, Raih Juara I Dan III Lomba Esai Ilmiah Tingkat Nasional





Binjai-Metrolangkatbinjai.com

Dua pelajar SMA Kota Binjai, Almanisa Ananda dan Angga Indra Saputra, keduanya merupakan pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) Swasta Tunas Pelita Binjai, berhasil meraih juara I dan juara III lomba penulisan esai tingkat Nasional bertajuk "Chemistry In Real 2018” yang digelar Himpunan Mahasiswa Analisis Kimia Politeknik AKA Bogor, pada 23 September 2018 baru-baru ini.

Mengusung esai berjudul "Pemanfaatan Buah Pepaya (Carina Papaya) Sumber Arus Listrik Sederhana” dan “Pemanfaatan Buah Angsana Sebagai Bahan Bakar Alternatif Masa Kini”, siswi dan siswa ini dinilai berhasil mengharumkan nama Kota Binjai, karena lomba yang dilakukan secara online ini keduanya mampu bersaing atau mengalahkan para peserta dari pelajar SMA dan sederajat seluruh Indonesia.

Atas prestasi yang diraih kedua pelajar Almanisa Ananda dan Angga Indra Sahputra, pihak Politeknik AKA Bogor sebagai pelaksana lomba esai analisis kimia tingkat nasional ini, melalui pihak yayasan perguruan Tunas Pelita menyerahkan serta mengalungkan medali dan sertifikat piagam penghargaan kepada keduanya.

Penyerahan medali dan piagam penghargaan tersebut, langsung diserahkan oleh Kepala Sekolah SMA Yayasan Tunas Pelita Ahmad Khairul Badri, M.Pd, kepada kedua siswa/siswi peraih juara I dan juara III lomba esai ilmiah tingkat nasional tersebut yang juga turut disaksikan orangtua mereka, Kamis (4/10) pagi, sekira pukul 10.30 Wib, di Sekolah SMA Tunas Pelita di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kebun Lada, Binjai Utara.

“Prestasi anak-anak ini merupakan buah dari budaya kompetisi yang ditanamkan kepada seluruh siswa kami, sebab semakin banyak ikut kompetisi, wacana anak-anak akan semakin luas dan teruji,” ungkap Khairul Badri, Kepsek SMA Yayasan Tunas Pelita yang turut didampingi PKS I dan dua guru pembina pelajar tersebut, Jumat (5/10).

Khairul Badri menambahkan, para pemenang telah lolos dari uji publik karena panitia telah memberi kesempatan kepada publik selama dua minggu setelah pengumuman pemenang untuk mengajukan keberatan via email jika naskahnya hasil plagiasi.

Sambungnya lagi, prestasi ini bukan kali pertama yang diraih anak didiknya di SMA Tunas Pelita, pada setahun lalu di Universitas Lampung (Unila) anak didiknya juga meraih prestasi nasional yakni juara II nasional dalam karya ilmiah.

"Para siswa berprestasi ini tak lepas dari bimbingan guru pembina mereka didalam komunitas klub ilmiah yang dibentuk sekolah sejak beberapa tahun belakangan ini,” ujar pria yang juga pengurus MUI Kota Binjai itu.

Sedang Abdul Haris, orangtua dari Angga Indra Saputra, mengatakan, dirinya bersyukur atas prestasi nasional yang diraih anaknya bersama temannya itu.

Sambungnya, semoga prestasi yang diraih ini menjadi motivasi untuk keduanya dalam meraih prestasi lainnya.

"Saya sangat setuju dengan kelompok belajar ilmiah yang didirikan pihak SMA Tunas Pelita ini, karena itu bertujuan untuk meningkatkan wawasan anak-anak. Sebagai orangtua, saya mendukung kurikulum belajar yang diterapkan Kepala Sekolah dan para guru pembina lainnya di sekolah Tunas Pelita,” ucap Haris. (Put)


Show EmoticonHide Emoticon