BPJS-TK Binjai Berikan Santunan Kepada Tenaga Kerja Dan Ahli Waris




Binjai-Metrolangkatbinjai.com

Sebagai Badan Hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan Program Jaminan Sosial, BPJS Ketenagakerjaan selalu memberikan kewajibannya kepada masyarakat yang berhak untuk mendapatkannya.

Sebab,hal itu sudah diatur dalam Undang-undang Nomor 40 tahun 2004, tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional dan Undang-undang Nomor 24 tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

Kali ini, BPJS Ketenagakerjaan  Cabang Binjai  memberikan Santunan secara simbolis kepada tenaga kerja dan ahli waris dalam kegiatan Sharing Sesion, peyelesaian kasus kecelakakerjaan dan penyakit akibat kerja serta pelaksanaan sistim keselamatan dan kesehatan kerja (SMK3), yang digelar di Hotel Four Point By Sherataon Medan, Senin (29/10).

Santunan yang diberikan kepada ahli waris dan tenaga kerja ini merupakan bentuk manfaat yang diberikan dari Program BPJS Ketenagakerjaan, khususnya Program jaminan kecelakaan kerja.

Untuk diketahui, BPJS ketenagakerjaan memberikan jaminan kecelakaan kerja yang tidak dalam hubungan kerja, termasuk kecelakaan yang terjadi dalam perjalanan kerja di rumah menuju tempat kerja dan sebaliknya dari tempat kerja menuju tempat tinggal sipekerja, serta penyakit yang disebabkan oleh lingkugan kerja.

Seperti manfaaat yang didapatkan dari Program JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja). Ini merupakan pelayanan kesehatan yang sebelumnya ditanggung pihak BPJS Ketenagakerjaan tanpa batasan biaya/Unlimited, juga santunan bentuk uang yang bentuknya biaya pengangkutan, biaya STMB (Sementara Tidak Mampu Bekerja) yaitu bentuk pengalihan pembiayaan gaji kepada pihak BPJS Tenagakerjaaan (BPJS-TK) dengan besaran yang sudah ditentukan, serta santunan kecacatan, santunan pelayanan dan perumahan.

Tidak hanya itu, BPJS -TK juga memberikan pendampingan kepada peserta yang mengklaim kecelakaan kerja dalam program RTW (Renturn To Work) untuk dapat bekerja kembali, serta bantuan Reka bilitasi berupa alat bantu (Orthese) dan alat ganti (Prohese) bagi peserta yang anggota badannya hilang, tidak berpihak akibat kecelakaan kerja, contohnya kaki palsu.

Kali ini, BPJS-TK menyerahkan santunan kepada salah seorang tenaga kerja dari PT ISS Indonesia, di karenakan cacat anotonim. Santunan sebesar Rp 199.144.491.

Kepala Kantor Cabang BPJS-TK Binjai, TM Haris Sabri Sinar, Berharap agar Santunan tersebut dapat di pergunakan dengan baik.

"Semoga santunan ini dapat dipergunakan sebaik baiknya guna kebutuhan hidup keluarga," harap Sabri, saat dikonfirmasi awak media, Selasa (30/10) Pagi.

Berikut nama nama penerima santunan Kecelakaan kerja :
1. Marlon Simbolon HKI Unit Jasa Kontruksi,  Penerima Marlon Simbolon, Total Santunan Rp 292.000.000 (cacat tetap).

2. Bambang Nursaid CV. Baim Mitra Jaya, Penerima Cahyati Rahmadhani, Total Santunan Rp 126.868.800 (meningal mendadak).
         
3. Wardi PT Enseval Putra Mega Training, penerima Dani, Total santunan Rp 142. 392.000 (Meningal kecelakaan kerja).

4. Sandra Gunawan Bammindo Agra Persada, Penerima Siti Marlia, Santunan Rp 122.883.870 (meningal kecelakaan kerja).

5. Willi Azri PT ISS Indonesia, Penerima Willi Azri, santunan Rp 199.144.491. (Put)
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments