logo

Banjir Rendam Ruas Jalan Lintas Aceh-Medan

Banjir di Jalinsum 

Langkat-Metrolangkat. com

Akibat banjir yang melanda Kabupaten Langkat dan Kabupaten Deli Serdang yang terjadi mulai tadi malam, membuat arus lalulintas yang menghubungkan Kota Stabat menuju Kota Binjai, menjadi Macet.

Seperti yang terlihat di Tandem Hilir, tepatnya di Simpang Kuala Madu, masyarakat tampak memenuhi jalan raya karena rumah mereka terendam banjir.

Pantauan di lokasi, ketinggian air mencapai dada orang dewasa, sehingga rumah warga pada umumnya di tutup rapat untuk menghindari penjarahan.

Menurut warga, banjir yang terjadi kali ini diakibatkan curah hujan yang tinggi, di tambah pembuangan air yang macet.

"Pembuangan air tersumbat sehingga air tidak bisa mengalir. Kami minta agar saluran air di Song (ditembuskan) ke seberang jalan," ucap Ramadhan, warga Tandem Hilir l, sembari mengatakan bahwa banjir besar terakhir kali terjadi pafa tahun 1997.

"Terakhir banjir tahun 97. Pada tahun 2003 pernah banjir, tapi tidak separah ini. Air naik mulai pukul 1 malam, karena jam 11 tadi malam sudah mulai turun hujan," ungkap Ramadhan, Selasa (9/10).

Tidak hanya itu, atas inisiatif sendiri, warga juga berdiri di pinggir jalan sembari mengumpulkan dana untuk korban banjir.

"Sumbangan ini atas inisiatif sendiri. Hasilnya kami gunakan untuk keperluan dapur umum bagi korban banjir," sambung salah seorang warga lainnya yang bernama Supri.

Sementara itu, Kapolsek Binjai AKP B Naibaho, terlihat langsung turun ke lokasi banjir. Menurutnya, ada dua Desa yang terdampak genangan banjir, yaitu Desa Tandam Hilir 1 umum dan Tandem Hulu 2.

"Ketinggian air bervariasi, dari setengah meter sampai Satu meter.  Sementara untuk Jalinsum yang terdampak banjir berada di depan STT Poli Profesi," tegas Kapolsek Binjai.

Selain untuk mengamankan lalulintas, Personil Polisi juga ikut mengantisipasi lingkungan apabila ada yang memanfaatkan situasi dengan melakukan penjarahan ataupun pencurian.

"Ada 20 Personil yang diturunkan di lokasi. Selain mengamankan lalulintas, kita juga mengantisipasi kalau terjadi penjarahan," bebernya.

Hingga pukul 10.30 Wib, belum ada tanda tanda air akan surut. Bahkan arus lalulintas terlihat padat merayap, di karenakan banyaknya warga yang berdiri di jalan raya karena rumahnya tergenang banjir.(put)

Tags

advertisement centil

Metrolangkatbinjai.com - merupakan media informasi terupdate seputaran kabupaten langkat, dan selalu memberikan informasi-informasi yang menarik setiap harinya.