1.324 Tenaga Kerja Non ASN Pemkab Asahan Terdaftar Di BPJS Ketenagakerjaan



Pemkab Asahan gelar rapat kordinasi dan evaluasi bersama BPJS Ketenagakerjaan

Asahan-Metrolangkatbinjai.com

Pemerintah Kabupaten Asahan gelar kordinasi dan evaluasi bersama seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam rangka memberikan penyampaian  perkembangan pelaksanaaan  program jaminan sosial tenaga kerja di Kabupaten Asahan.

Bupati Asahan Drs H Taufan Gama Simatupang MAP, dalam kata sambutannya diwakili Wabup Surya dalam rapat kordinasi tersebut mengatakan  bahwa pelaksanaan kegiatan sesuai dengan Perda nomor 2 tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Dimana menurut Wabup, dalam perda itu mengatur lebih rinci mengenai jaminan sosial tenga kerja yang bertujuan untuk mewujudkan perlindungan sosial di Kabupaten Asahan melalui program jaminan kecelakaan kerja jaminan hari tua, jaminan kematian dan jaminan pensiun, sehingga tenaga kerja dapat memenuhi kebutuhan hidupnya secara layak.

Jadi, dengan ditetapkanya Perda nomor 2 tahun 2016 tersebut, diharapkan dapat menjangkau kepesertaan yang lebih luas serta dapat memberikan manfaat yang lebih baik dan besar bagi setiap peserta jaminan sosial tenaga kerja di Kabupaten Asahan.

“Program jaminan sosial tenaga kerja merupakan cerminan negara dalam hal perlindungan bagi seluruh warga negara Indonesia. Bahwa program jaminan sosial merupakan program strategis nasional yang selaras dengan progran Nawa Cita Pemerintah," ujar Wabup Surya.

Sambung Wabup, untuk itu, Pemerintah perlu ikut ambil andil dalam menyukseskan program jaminan sosial.Dan Pemerintah Kabupaten Asahan harus dapat memastikan bahwa seluruh pekerja yanga ada di Kabupaten Asahan telah mendapat perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

"Agar tercapainya pelaksanaan jaminan sosial, Pemerintah Kabupaten Asahan akan terus berkordinasi dengan BPJS Ketenagakerjaan sebagai Badan Penyelenggaraan yang diamanahkan Pemerintah untuk menjalankan pelaksanaan program jaminan sosial ketenagakerjaan di Kabupaten Asahan," sebut Wabup.

Wabup Surya menambahkan, dari data 29 Organisasi Perangkat Daerah di Kabupaten Asahan saat ini, ada sebanyak 1.324 orang tenaga kerja Non ASN yang telah terdaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.
 
Sementara, Kepala BPJS Ketenagakerjaan wilayah Kabupaten Asahan Moch Faisal mengatakan maksud dan tujuan  pelaksanan kegiatan dari jaminan sosial ketenagakerjaan adalah untuk melakukan kordinasi dan evaluasi dengan seluruh para OIPD di Kabupaten guna peningkatan pencapaian kepesertaan dan iuran melalui Peraturan Daerah yang telah diterbitkan.

"Selain itu, untuk memberikan penyampaian perkembangan pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan sekaligus melakukan evaluasi program jaminan sosial tenaga kerja jasa kontruksi,' ujar Faisal. (Dep)
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments